Sehari Lebih dari 10 Pasien

Kematian Akibat Covid 19 di Lumajang Tinggi, Ini Penyebabnya

lumajangsatu.com
Salah satu pemakaman dengan protokol kesehatan covid 19

Lumajang - Konfirmasi positif covid 19 cenderung mengalami penurunan, meskipun angkanya masih terbilang tinggi. Namun, untuk angka kematian akibat covid 19 masih tinggi, setiap hari diatas 10 pasien.

Bahkan, pernah satu hari tembus 30 orang pasien covid 19 yang meninggal dunia. Tingginya angka kematian disebabkan berbagai macam faktor. Salah satunya pasien yang masuk ke rumah sakit kondisinya sudah memburuk.

Baca juga: Bawaslu Kabupaten Lumajang Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Serentak 2024

"Banyak yang dibawa ke rumah sakit kondisinya sudah memburuk," ujar dr. Bayu Wibowo IGN, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, Selasa (17/08/2021).

Baca juga: Polisi Juga Temukan 10 Kilogram Ganja Kering di Kawasan TNBTS Lumajang

Warga banyak yang melakukan isolasi mandiri dan tidak mau periksa ke puskesmas atau rumah sakit karena berita-berita hoax. Akibatnya, ketika kondisi memburuk baru dibawa ke rumah sakit dan tentunya resiko fatalitas hingga kematian cukup tinggi.

"Warga takut untuk di swab, ada juga kabar-kabar hoax kalau ke rumah sakit akan mati, di covidkan dan lainnya, ini yang salah," terangnya.

Baca juga: PPID Lumajang Terima Tim Monev Komisi Informasi Jawa Timur

Bayu menghimbau masyarakat yang isolasi mandiri tidak takut memeriksakan diri ke Puskesmas. Jika tidak ada gejala atau bergejala ringan, maka akan mendapatkan pengawasan dan juga suplai obat-obatan seauai dengan gejala yang muncul.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru