Dari SD Hingga Perguruan Tinggi

BAZNAS Lumajang Gelontorkan 1,1 Miliar Beasiswa Pendidikan

lumajangsatu.com
Atok Hasan Sanusi, Ketua BAZNAS Kabupaten Lumajang

Lumajang - Badan Amin Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lumajang menggelontokan dana 1,1 miliar untuk pendidikan. Dana tersebut berupa beasiswa bagi siswa tidak mampu, mulai tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMP/MA hingga perguruan tinggi.

Atok Hasan Sanusi, Ketua BAZNAS Lumajang menyatakan untuk beasiswa ada program satu keluarga satu sarjana (SKSS). Ada 20 penerima beasiswa dari Program SKSS dengan proses seleksi yang ketat.

Baca juga: Masjid Pilar Peradaban Islam

"Kita alokasikan dana 1,1 miliar untuk program pendidikan mulai SD sampai perguruan tinggi," jelas Atok, Kamis (16/09/2021).

Baca juga: Operasi Tumpas Narkoba Polres Lumajang Amankan 20 Tersangka

Program SKSS khusus bagi mereka yang kuliah di Kabupaten Lumajang yang berasal dari kelurga tidak mampu. Dalam satu kelurga juga tidak ada yang tamatan perguruan tinggi. Jika ada salah satu dari anggota keluarga, semisal bapaknya, maka tidak bisa menerima program SKSS.

Penerima beasiswa SKSS juga diminta membuat pakta integritas, seperti tidak akan menikah sebelum selesai studi, tidak terlibat dalam tindakan kejahatan dan tidak menerima beasiswa dari lembaga lain. "Jika lebih dari 4 tahun, maka biaya kuliah ditanggung oleh yang bersangkutan," paparnya.

Baca juga: Polisi Bakar Arena Sabung Ayam di Desa Dawuhan Lor Lumajang

BAZNAS hanya menanggung biaya studi selama 4 tahun dengan dana 6 juta setiap tahunnya. "Kita sudah melakukan kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi, Dinas Pendidikan dan Kementrian Agama untuk penyaluran beasiswa," pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru