Desa Inspiratif

Yuk Simak, Sejarah Wisata Kali Sejuk di Desa Purwosono Lumajang

lumajangsatu.com
Kali Sejuk, beradal dari sungai yang kumuh kini jadi objek wisata dengan omzet ratusan juta setiap bulannya

Sumbersuko - Wisata Kali Sejuk yang terletak di Desa Purwosono Kecamatan Sumbersuko ternyata memiliki sejarah yang orang lain belum ketahui, sebelum dinamakan kali sejuk tempat ini merupakan sebuah jembatan yang dinamai dengan Slamet Untung, Minggu (17/10/2021).

Awalnya jembatan ini dibangun melalui Program Bantuan Keuangan Khusus (BPKK) di tahun 2017. Jembatan tersebut mulai dikenal masyarakat dengan istilah Babakan Bu Untung, karena jalan tersebut dikasih oleh keluarga beliau dan mempunyai anak bernama Selamet.

Baca juga: Jalan Pertanian Tembakau Lumajang Diperbaiki Lewat Dana DBHCHT

Sehingga ketika di resmikan pertama kali jalan itu diberi nama Selamat Untung. Tapi menurut Kepala Desa Purwosono Hendrik Dwi Martono konsepnya kurang pas, alhasil tempat tersebut diberi nama Kali Sejuk sampai sekarang.

Baca juga: Mendagri Kembali Tunjuk Indah Wahyuni Jadi Penjabat Bupati Lumajang

Istilah Kali Sejuk sendiri dari kata Kali yang artinya sungai dan Sejuk artinya pas. Arti dari kali sejuk sendiri ada kepanjangannya yakni Kali (KArena Lillahi ta'ala) dan Sejuk (Semoga jadi unggulan dan andalan).

Baca juga: Diskominfo Lumajang Komitmen Jaga Keamanan Informasi

Kali sejuk sendiri diresmikan oleh Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq sekaligus bertepatan pada hari lingkungan hidup sedunia pada tgl 8 Juli 2021. "Alhamdulillah sudah berjalan 10 bulan Mbak," kata Hendrik.(Ind/yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru