Pantauan di Pasar Baru

Perlahan Namun Pasti Harga Daging Ayam Potong di Lumajang Naik

lumajangsatu.com
Suasana Pasar Baru Lumajang

Lumajang - Menjelang bulan Ramadhan sejumlah harga bahan pokok mulai merangkak naik. Harga daging ayam potong misalnya, di Pasar Baru Lumajang mulai mulai naik dari Rp 28 ribu per kilo gramnya, hanya selang dua minggu sudah ganti harga menjadi Rp 35 ribu per kilo gramnya.

Kholila, salah satu pedagang daging ayam potong di Pasar Baru Lumajang mengatakan bahwa kenaikan daging ayam terjadi seminggu terakhir. "Seminggu terakhir ini naik terus, dua hari lalu masih Rp 33 ribu, sekarang sudah Rp 35 ribu," kata Kholila di Pasar Baru Lumajang, Minggu (20/03/2022).

Baca juga: Ketua DPRD Lumajang Oktafiani Dukung Peningkatan Pendapatan Asli Daerah

Kenaikan daging ayam dipicu oleh terlambatnya pasokan ayam yang datang dari luar kota, sedangkan permintaan mulai meningkat. "Kirimnya lama, ini kan ayamnya bukan dari Lumajang tapi dari luar kota," tambahnya.

Hal senda juga disampikan pedagang yang lain, Santi. Menurutnya, naiknya harga daging ayam potong membuat banyak pelanggan yang mengurungkan niat untuk membeli ayam. Jika sampai tembus 50 ribu, maka pembeli akan memilih daging sapi dari pada ayam ptong.

Baca juga: Pelaku Pemerasan Bersajam Diamankan Polres Lumajang

"Ya kalau naik gini susah, banyak orang yang gak jadi beli. Apalagi kalau nanti sampai harga Rp 50 ribu," jelasnya.

Sementara itu, Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan Kabupaten Lumajang menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan koordinasi dengan dinas dan stake holder terkait untuk menekan laju kenaikan harga bahan pokok di Lumajang.

Baca juga: Satlantas Polres Lumajang Sosialisasi Larangan Sepeda Listrik di Jalan Raya

"Nanti kita koordinasikan dengan dinas-dinas terkait seperti dinas pertanian dan ketahan pangan untuk. Yang jelas kita pantau dulu sekarang," ujar Wawan.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru