Korban Kejahatan Social Engeenering

Ini Klarifikasi BRI Cabang Lumajang Soal Berkurangnya Saldo Nasabah

lumajangsatu.com
Kantor Cabang BRI Lumajang

Lumajang - Pimpinan BRI Cabang Lumajang Hendra Affandi Rambe memberikan klarifikasi terkait dengan berkurangnya saldo tabungan salah satu nasabah BRI yaitu Ali Muafan Rohim (40) Warga Dusun Kalibendo Selatan Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian. Nasabah menjadi korban tindak kejahatan social engineering senilai Rp 279 juta.

Sebelumnya pihak BRI telah menerima dan menindaklanjuti pengaduan nasabah dengan melakukan investigasi atas berkurangnya saldo tersebut. Kejadian ini merupakan korban tindak kejahatan Social Engineering yang disebabkan nasibah memberikan data transaksi perbankan berupa password yang bersifat pribadi dan data rahasia, sehingga transaksi internet banking (IB) dapat berjalan sukses.

Baca juga: Tanggap Bencana Banjir Lumajang, BRI Peduli Bergerak Cepat Salurkan Bantuan ke Warga Terdampak

Kejadian tersebut berlangsung pada hari Kamis, (10/3/2022) kemudian korban melaporkan ke Polsek, namun nasabah baru melaporkan ke BRI Cabang Lumajang pada hari Selasa, (15/3/2022). Menurut informasi dari Cabang BRI Lumajang bahwa korban melaporkan kejadian ini saat korban ditelpon seseorang yang mengaku sebagai pegawai bank dan menyampaikan adanya perubahan tarif transaksi antar bank.

Baca juga: Ini Perkembangan Kasus Perampokan Uang di BRI Kunir Lumajang


Dari kejadian tersebut Pimpinan Cabang BRI Lumajang Hendra Affandi menghimbau kepada nasabah agar lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi perbankan, sebaiknya rutin melakukan penggantian PIN kartu ATM serta menjaga kerahasiaan data nasabah seperti nomor rekening tabungan, nomor kartu, nomor CVV kartu kredit, nomor OTP transaksi dan sebagainya.

"Jangan mudah memberikan ke pihak manapun yang menjadi data rahasia, termasuk yang mengatas namakan BRI" kata Hendra, Senin (4/4/2022).

Baca juga: Todong Sajam, Rampok Bank di BRI Kunir Lumajang Gondol Uang Rp 240 Juta

Pihak BRI juga memberikan layanan hotline jika mendapat notifikasi memalui sms atau email atas transaksi yang tidak dilakukan. Bisa hubungi contact BRI 14017/1500017 untuk melakukan pemblokiran kartu ATM. (Ind/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru