Miliki Potensi Besar

Lumajang Mulai Dilirik Investor Budidaya Udang Vaname

lumajangsatu.com
Udang Vaname atau udang kaki putih

Lumajang - Pesisir pantai selatan di Lumajang mulai dilirik investor udang vaname. Udang jenis ini biasa disebut udang kaki putih atau udang raja. Panjang pantai di Lumajang 40-70 kilo meter sangat potensial untuk budidaya udang vaname.

"Sekarang mulai ada lagi investor yang ingin budidaya udang Vaname di pinggir pantai Lumajang," ujar Agus Widarto, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lumajang, Sabtu (28/05/2022).

Baca juga: Prospek dan Tantangan Santri di Era Modern

Tak hanya budidaya udang, Lumajang akan mengoptimalkan potensi kelautannya. Salah satunya dengan pengajuan pelabuhan perikanan yang bisa disandari kapal hingga 30 GT. Rencananya, pelabuhan perikanan akan dibangun di pantai Watu Godek Kecamatan Tempursari.

Baca juga: Polsek Kedungjajang Lumajang Kerahkan Damkar Salurkan Air Bersih ke Warga Terdampak Kekeringan

"Kita juga mengajukan pembangunan pelabuhan perikanan dan sudah dilakukan survey," terangnya.

Lumajang memang kaya dengan potensi perikanan, baik ikan air tawar atau ikan laut. Saat malam hari, di pantai Lumajang seperti pasar malam, kelap kelip lampu dari para nelayan. Mereka berasal dari Banyuwangi, Jember dan Malam.

Baca juga: HIMPAUDI Lumajang Diajak Terus Tingkatkan Kapasitas Tenaga Pendidik

Jika ada pelabuhan perikanan, harapannya para nelayan bisa melakukan bongkar muat ikan di Lumajang. "Kalau ada pelabuhan perikanan, maka akan muncul potensi ekonomi baru," pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru