Abrasi Semakin Meluas

Wisata TPI Tempursari Lumajang Benar-benar Akan Jadi Kenangan

lumajangsatu.com
Kondisi terbaru abrasi di wisata TPI Tempursari-Lumajang September 2022

Tempursari - Wisata TPI Tempursari benar-benar akan menjadi kenangan. Pasalnya, abrasi yang terjadi sejak 2017 silam membuat luasan TPI Tempursari semakin menyempit dan mendekati sungai.

Abdul Rohman, salah seorang warga Tempursari menyatakan bahwa air laut sudah sekitar 50 meter dari pintu tiket masuk TPI. Rumah-rumah di selatan sungai juga sudah dibongkar dan warga mulai pindah ke utara sungai.

Baca juga: Legenda Argasonya Lumajang Tampil di Gedung Negara Grahadi Surabaya

"Jaraknya dengan pintu tiket sekiatr 50 meter mas," ujar Rohman kepada Lumajangsatu.com, Sabtu (17/09/2022).

Baca juga: KPU Lakukan Finalisasi Bahan dan Peraga Kampanye Pilkada Lumajang

Sebelum abrasi melanda, wisata TPI Tempursari menjadi salah satu wisata andalan Lumajang. Banyak warung-warung ikan bakar dipinggir pantai dan menjadi jujukan wisatawan untuk menikmati libur akhir pekan.

Pasca abrasi memutus jalur di wtu Godek penghubung Pasirian-Tempursari, wisata TPI Tempursari mulai sepi. Ditambah lagi abrasi mulai semakin melebar membuat kawasan di TPI Tempursari menjadi menyempit.

Baca juga: Pemerintah Akan Kembangkan Ranuyoso Jadi Pusat Ekonomi Lumajang

Kini, wisata TPI Tempursari akan benar-benar hanya menjadi kenangan dan menjadi cerita. Ombak besar terus mengikis daratan TPi Tempursari hingga mendekati muara sungai yang berdekatan dengan permukinan di Desa Bulurejo.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru