Dari Kementrian Tenaga Kerja

1,6 M Dana TKM Pemula Dikucurkan ke 82 Kelompok di Lumajang

lumajangsatu.com
Hanum Mubarokah, Kabid Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Dinas Tenaga Kerja Lumajang

Lumajang - Kementrian Tenaga meluncurkan program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Pemula. Di Kabupaten Lumajang ada 82 kelompok TKM Pemula yang mendapatkan kucuran dana 20 juta masing-masing TKM Pemula.

Hanum Mubarokah, Kabid Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Dinas Tenaga Kerja Lumajang menyatakan, total dana yang akan mengalir ke Lumajang Rp. 1.640.000.000. Diharapkan, dana tersebut bisa menjadi stimulus bagi bangkitanya ekonomi warga Lumajang pasca pandemi covid 19 dan juga kenaikan harga BBM.

Baca juga: Legenda Argasonya Lumajang Tampil di Gedung Negara Grahadi Surabaya

"Masing-masing TKM dapat 20 juta, sehingga total dana yang masuk ke Lumajang 6,4 miliar lebih," jelas Hanum kepada Lumajangsatu.com, Kamis (17/11/2022).

Baca juga: KPU Lakukan Finalisasi Bahan dan Peraga Kampanye Pilkada Lumajang

Ditanya apakah Dinas mengetahui dimana saja lokasi TKM Pemula, Hanum mengaku hanya 6 kelompok saja. Sedangkan sisanya hanya mengetahui nama ketua kelompok, nama kelompok tanpa ada alamatnya.

"Enam ini yang mendaftar lewat Dinas, sisanya mendaftar langsung lewat aplikasi," jelasnya.

Baca juga: Pemerintah Akan Kembangkan Ranuyoso Jadi Pusat Ekonomi Lumajang

Meski tidak tahu dimana alamatnya, namun tentunya ketua kelompok bisa di kroscek lewat Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sehingga pihaknya berharap kepada TKM Pemula, agar membelanjakan bantuan tersebut sesuai dengan juknis kementrian dan jangan sampai disalah gunakan.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru