Luncuran Sejauh 10 KM

Awan Panas Semeru Mengarah ke Candipuro dan Pronojiwo Lumajang

lumajangsatu.com
Awan panas guguran Semeru mengarah ke wilayah Pronojiwo dan Candipuro Lumajang

Lumajang - Tepat satu tahun erupsi besar Gunung Semeru pada Desember 2021 lalu, kini Minggu, (04/11/2022) dini hari Gunung Semeru kembali mengalami erupsi. Kepala Pos Pantau Semeru Liswanto mengatakan erupsi Gunung Semeru berupa guguran awan panas (APG) mengarah ke sisi Kobokan, Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Pronojiwo.

"Benar (ada erupsi) kami akan memberikan update data lagi selanjutnya," beber Liswanto dalam pesan singkat.

Baca juga: RAKI Yakin Cak Thoriq-Ning Fika Bisa Bawa Lumajang Lebih Maju dan Makmur

Menurut catatan petugas, aktivitas Gunung Semeru terus mengalami fluktuasi sejak Jumat (2/12/2022).Saat itu, pada pukul 00.00-06.00 WIB, tercatat 19 gempa letusan kecil yang terdeteksi seismograf petugas pos pantau.

Baca juga: TNI Dampingi Petani Darungan Lumajang Lakukan Pengeboran Sumber Air

Aktivitas gunung juga menampakkan asap dari kawah berwarna putih kelabu setinggi lebih dari sekitar 400 meter mengarah ke timur laut.

Baca juga: Indah Wahyuni Ajak Pengusaha Hotel dan Resto Dukung Produk UMKM Lokal Lumajang

Erupsi terjadi sekitar pukul 02.46 WIB dengan tinggi kolom abu 1.500 meter di atas puncak gunung sekitar 5.176 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah tenggara dan selatan. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi 0 detik.(Ind/yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru