APG Semeru

Erupsi Semeru Sampai di Gladak Perak, Lumajang Siapkan Posko Evakuasi

lumajangsatu.com
Awan Panas Guguran (APG) Semeru sudah sampai di Gladak Perak Lumajang

Lumajang - Awan Panas Guguran (APG) Semeru sudah sampai di jembatan perak Kecamatan Candipuro. Erupsi Semeru terjadi sejak pagi dan awan panas meluncur ke arah timur laut menuju Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq dalam unggahan akun media sosialnya, menyatakan bahwa Pemerintah sedang menyiapkan langkah-langkah evakuasi. Posko-posko evakusi sudah disiapkan untuk mengantisipasi kondisi Semeru semakin buruk.

Baca juga: RAKI Yakin Cak Thoriq-Ning Fika Bisa Bawa Lumajang Lebih Maju dan Makmur

"Saat ini APG SEMERU sudah melebihi GLADAK PERAK. proses EVAKUASI telah berjalan. Kami sedang mempersiapkan langkah darurat. Beberapa posko evakuasi dan tempat pengungsian sedang dipersiapkan," jelas Cak Thoriq.

Baca juga: TNI Dampingi Petani Darungan Lumajang Lakukan Pengeboran Sumber Air

Sementara itu, Polsek Pronojiwo sudah menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan memperhatikan jalur evakuasi. "Kami masih ada di lapangan bersama Tim gabungan untuk menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada" kata Kanit Sabhara Polsek Pronojiwo Aipda Andhik Purnomo.

Baca juga: Indah Wahyuni Ajak Pengusaha Hotel dan Resto Dukung Produk UMKM Lokal Lumajang

Hingga berita ini diturunkan para warga Desa Supiturang bergegas untuk mengungsi ketitik yang lebih aman. Kondisi sejumlah Desa di Pronjiwo sudah tertutup abu vulkanik Semeru.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru