Rangkaian Hari Jadi Lumajang ke 767

Bupati Serta Wabup Buka Event Loemadjang Mbiyen di Djatiroto

lumajangsatu.com
Bupati dan Wabup saat tiba di lokasi kegiatan Loemadjang Mbiyen

Lumajang - Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati resmi membuka event tahunan Loemadjang Mbiyen yang mengusung tema heritage, hal ini merupakan rangkaian dari Hari Jadi Lumajang yang digelar di Pabrik Gula Djatiroto. Pihaknya memilih tempat tersebut lantaran banyak gedung-gedung peninggalan jaman kolonial dan pabrik gula Djatiroto ini merupakan terbesar di Indonesia.

Di dalam rangkaian kegiatan Loemadjang Mbiyen ini dibagi menjadi empat zona yakni pertama, zona heritage yang merupakan zona yang menampilkan bangunan, properti dan aktivitas/kegiatan masyarakat Lumajang pada masa tahun 1930 hingga tahun 1960. Kemudian kedua, zona pasar rakyat yang merupakan zona yang menampilkan aktivitas, kegiatan jual beli produk seperti jajanan masyarakat pada masa tahun 1930 hingga tahun 1960. 

Baca juga: RAKI Yakin Cak Thoriq-Ning Fika Bisa Bawa Lumajang Lebih Maju dan Makmur

Ketiga, zona taman hiburan rakyat yang merupakan zona yang berisikan panggung utama, menampilkan kegiatan pembukaan, hiburan kesenian, permainan tradisional rakyat dan stand plat sebagai wahana transportasi keliling area, serta saat penutupan nanti.

"Penampilan akan diisi dari sanggar tari maupun musisi Lumajang" kata Bupati Lumajang yang kerap disapa dengan Cak Thoriq Jumat, (23/12/2022).

Dan terakhir zona jajanan rakyat yang merupakan zona yang menampilkan kegiatan jual beli pedagang kaki lima untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. "Diisi oleh UMKM bazar dari perkecamatan yang ada di Lumajang" Ungkap Bunda Indah.

Baca juga: TNI Dampingi Petani Darungan Lumajang Lakukan Pengeboran Sumber Air

Harapannya dari kegiatan ini nanti bisa menjadi bagian dalam kalender event Jawa Timur, karena kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun di Lumajang ( Ind/red).

 

Baca juga: Polda Jatim Gandeng Influencer Sukseskan Pemilu Damai

 

 

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru