Tunggu Pengumuman KPU RI

KPU Lumajang Usulkan 3 Opsi Dapil Mulai 5 Sampai 7 di Pemilu 2024

lumajangsatu.com
Skema Dapil 7 yang diusulkan KPU Lumajang ke KPU RI

Lumajang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang telah mengusulkan 3 opsi daerah pemilihan (Dapil) pada Pemilu 2024 mendatang. Tiga opsi muncul, setelah KPU melakukan uji publik, dengan mengundang Partai Politik, tokoh masyarakat, pemerhati pemilu dan stakeholder lainnya.

Yuyun Baharita, Ketua Komisioner KPU Lumajang menyatakan, tiga opsi itu meliputi 5 dapil seperti pemilu sebelumnya. Kemudian enam dapil dan tujuh dapil. "Tiga opsi sudah kita sampaikan ke KPU RI, nanti KPU RI yang akan menentukan," terang Yuyun, Rabu (11/01/2023).

Baca juga: RAKI Yakin Cak Thoriq-Ning Fika Bisa Bawa Lumajang Lebih Maju dan Makmur

Opsi pertama 5 Dapil. Yakni Dapil 1 (Lumajang, Sukodono, Jatiroto, Tekung dan Sumbersuko). Dapil 2 (Yosowilangun, Tempeh, Kunir dan Rowokangkung) 10 kursi. Dapil 3 (Pasirian, Candipuro, Pronojiwo dan Tempursari). Dapil 4 (Pasrujambe, Senduro, Padang dan Gucialit). Dapil 5 (Kedungjajang, Klakah, Randuagung dan Ranuyoso).

Baca juga: TNI Dampingi Petani Darungan Lumajang Lakukan Pengeboran Sumber Air

Opsi kedua 6 Dapil. Yakni Dapil 1 (Tekung, Lumajang, Sukodono dan Sumbersuko) 10 kursi. Dapil 2 (Tempeh, Kunir dan Yosowilangun) 9 kursi. Dapil 3 (Tempursari, Pasirian, Candipuro dan Pronojiwo) 10 kursi. Dapil 4 (Pasrujambe, Senduro, Padang dan Gucialit) 7 kursi. Dapil 5 (Kedungjajang, Klakah dan Ranuyoso)7 kursi. Dapil 6 (Rowokangkung, Jatiroto dan Randuagung) 7 kursi.

Opsi ketiga 7 Dapil. Dapil 1 (Lumajang, Sukodono dan Sumbersuko) 8 kursi. Dapil 2 (Kunir, Yosowilangun dan Tekung) 7 kursi. Dapil 3 (Pasirian dan Tempeh) 8 kursi, Dapil 4 (Tempursari, Pronojiwo dan Tempursari) 6 kursi. Dapil 5 (Pasrujambe, Senduro, Gucialit dan Padang) 7 kursi,. Dapil 6 (Kedungjajang, Klakah dan Ranuyoso) 7 kursi, Dapil 7 (Rowokangkung, Jatiroto dan Randuagung) 7 kursi.

Baca juga: Indah Wahyuni Ajak Pengusaha Hotel dan Resto Dukung Produk UMKM Lokal Lumajang

"Semua akan ditentukan KPU RI dan informasinya akhirnya bulan Janurai 2023 akan diumumkan," pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru