Hikmah Kehidupan

Jangan Bertanya

lumajangsatu.com
KH. DR. Abdul Wadud Nafis, Pengasuh Ponpes Manarul Qur'an Kutorenon-Lumajang

Lumajang - Jangan bertanya kepada orang miskin, mengapa engkau miskin? jika engkau memiliki harta dan memiliki hati yang baik, maka berikanlah dia uang yang dapat memenuhi kebutuhannya.

Jangan bertanya pada orang yang tidak bekerja, mengapa engkau menganggur? jika engkau seorang pengusaha yang memiliki pekerjaan atau memiliki jaringan tempat bekerja. Maka berilah dia pekerjaan yang baik dan sesuai dengan keterampilannya.

Baca juga: RSUD Pasirian Lumajang Resmi Miliki Logo Baru

Jangan bertanya kepada orang yang awam, mengapa engkau bodoh? Apabila engkau mempunyai ilmu dan alim, maka ajarilah dia ilmu pengetahuan yang dapat menghilangkan kebodohannya. Atau engkau mempunyai harta untuk biaya pendidikan, maka berilah beasiswa agar belajar dan memiliki ilmu.

Jangan bertanya pada orang yang sakit, mengapa engkau sakit? jika engkau mempunyai pengetahuan tentang pengobatan, maka berilah obat atau jika engkau mempunyai harta dan baik hati, maka berilah biaya untuk berobat agar dia sehat.

Jangan bertanya, kepada orang yang mempunyai akhlak tercela, mengapa engkau berakhlak buruk? jika engkau mempunyai ilmu dan mempunyai kemampuan untuk membimbingnya, maka bimbinglah kepada akhlak yang mulia, agar dia memiliki akhlak yang mulia dan perilaku yang terpuji.

Jangan bertanya kepada orang yang banyak bermaksiat, mengapa engkau berbuat maksiat? Jika engkau mempunyai ilmu dan mempunyai metode dakwah yang baik dan bijaksana, maka bimbinglah dia kepada jalan yang benar dan baik dengan cara yang hikmah, agar dia menjadi orang yang baik dan istiqomah dengan ketentuan-ketentuan Allah.

Baca juga: TNI Aktif Dampingi Petani Pronojiwo Lumajang Jelang Musim Tanam

Jangan bertanya kepada orang sedang bertengkar atau bermusuhan, mengapa engkau bertengkar? Jika engkau mempunyai kemampuan komunikasi dan baik hati, maka bimbinglah dia, agar supaya hidup damai dan menghormati orang lain serta saling mencintai satu sama lain.

Jangan bertanya kepada orang yang pemalas, mengapa engkau malas bekerja? Jika engkau mempunyai ilmu motivasi, maka doronglah dia, agar mempunyai semangat kerja yang kuat dan motivasi sukses yang tinggi.

Dengan demikian orang yang bijak tidak berorientasi masalah, tapi berorientasi penyelesaian masalah. Orang yang bijak tidak berpikir problem, tapi berpikir solutif. Orang yang bijak apabila mendapatkan masalah, maka mencari akar masalahnya dan mencari solusinya. Lalu solusi itu betul dilaksanakan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.

Baca juga: KPU Segera Tetapkan Paslon Bupati dan Wabup Pilkada Lumajang 2024

Karena mempertanyakan masalah dan tidak mencari solusinya akan menambah masalah lagi yang lebih berat, akan tetapi ketika ada masalah lalu menganalisis masalah tersebut untuk menyelesaikannya dan betul-betul diselesaikan itu adalah cara yang bijak dan hal itu adalah cara yang solutif. Wallahu A'lam bish bishawab.(Red)

Penulis : KH. DR. Abdul Wadud Nafis, Pengasuh Ponpes Manarul Qur'an Kutorenon-Lumajang

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru