Harus Diperbaiki

Inilah Penyebab Baterai Hp Cepat Habis, Perlu Anda Ketahui!

lumajangsatu.com
Sumber gambar https://unsplash.com/photos/

Lumajang - Setiap pengguna smartphone pasti mengharapkan baterai HP yang awet agar tidak mengganggu kegiatan sehari-hari. Tapi dalam kenyataannya, ada beberapa kasus dimana baterai terkuras sehingga menyebabkan HP cepat mati meski digunakan dalam kapasitas yang minim.

Ada banyak faktor yang membuat baterai HP cepat habis. Beberapa di antaranya adalah layar yang terlalu cerah, penggunaan aplikasi yang tidak perlu, hingga umur HP yang sudah tergolong tua. Namun, selain itu masih ada alasan lain yang menyebabkan baterai HP gampang habis, dan semuanya sudah dirangkum di bawah ini.

Baca juga: TNI Dampingi Petani Darungan Lumajang Lakukan Pengeboran Sumber Air

Penyebab Baterai Hp Cepat Habis

1. Layar HP Terlalu Terang

Salah satu hal yang membuat baterai HP cepat habis ada di bagian layar. Sekarang, sudah banyak HP yang menggunakan layar canggih dengan resolusi tinggi, bahkan dengan kualitas gambar yang lebih baik. Meski terkesan sangat canggih, namun semua itu harus dibayar dengan daya baterai yang besar.
Oleh karenanya, jika Anda ingin baterai HP tetap awet maka sebaiknya atur tingkat kecerahan layar dalam keadaan normal saja. Selain itu, Anda juga bisa gunakan wallpaper dengan tema gelap yang akan membuat baterai bekerja lebih efisien dan awet.

2. Aplikasi Berjalan di Background

Coba cek berapa banyak aplikasi yang Anda miliki dalam satu HP. Penggunaan aplikasi yang berlebihan bisa menjadi alasan baterai HP cepat habis. Apalagi jika aplikasi-aplikasi tersebut masih tetap aktif meskipun Anda sudah menutupnya.

Biasanya, aplikasi yang tetap berjalan itu ada dalam kategori sosial media, seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Messenger, dan lainnya. Tipe aplikasi seperti tadi akan tetap melakukan update meskipun Anda sudah menutup aplikasinya sehingga aplikasi-aplikasi tersebut tetap menyedot data serta daya baterai pada HP.

3. Usia HP yang Tua

Baterai juga dipengaruhi oleh usia HP. Smartphone memiliki masa life-cycle-nya sendiri. Jika HP tersebut sudah terasa jadul atau tua maka perangkat yang ada di dalamnya pun juga mulai terasa lemah untuk bisa menopang aplikasi. Apalagi setiap aplikasi akan selalu update dengan versi terbaru sehingga membutuhkan device yang lebih canggih dan modern.

Baca juga: Indah Wahyuni Ajak Pengusaha Hotel dan Resto Dukung Produk UMKM Lokal Lumajang

4.Tidak Menggunakan Wi-Fi

Perlu diketahui bahwa penggunaan koneksi juga berpengaruh pada keawetan baterai. Beberapa orang percaya bahwa menggunakan Wi-Fi akan membuat baterai HP lebih awet dibandingkan paket data biasa. Pasalnya, paket data mengharuskan HP untuk berpindah koneksi dari satu tower ke tower lainnya untuk menjaga kestabilan koneksi sehingga memakan cukup banyak daya saat melakukan perpindahan tersebut.

5.OS yang Tidak Update

Jangan remehkan OS System Updates, karena mungkin saja dalam pembaharuan itu ada fitur untuk menghemat baterai. Contohnya, ada beberapa OS di-update yang bisa membatasi aplikasi berjalan di background. Selain itu, ada juga OS update yang memberikan kontrol penggunaan daya baterai saat sedang dicas. Dengan pembaharuan seperti tadi, otomatis daya baterai pun menjadi lebih awet.

Baca juga: Pemkab Lumajang Buka 653 Formasi PPPK 2024

Selain kelima alasan tadi, ada satu alasan yang pasti membuat baterai HP cepat habis, yaitu kapasitas baterai HP yang memang minim. Kapasitas baterai HP di bawah 3000 mAh mungkin terlalu kecil untuk Anda. Oleh karenanya, coba gunakan HP dengan kapasitas baterai besar, seperti HP iQOO.

Mereka menawarkan smartphone dengan kapasitas baterai hingga 5000 mAh yang pasti dijamin awet. Untuk bisa mendapatkan HP iqoo dengan diskon 25%, tentu saja Blibli adalah jawaban yang tepat.

Selain diskon yang menggiurkan, Blibli juga menjamin kualitas barang yang pasti asli 100%. Bahkan, ada juga voucher gratis ongkir ke seluruh Indonesia lho. Yuk, buruan beli HP iQOO di Blibli!(Red)

 

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru