Miliki Jalan Yang Melingkar

Mengenal Gunung Proyek di Klakah Lumajang Bisa Jadi Spot Wisata

lumajangsatu.com
Puncak gunung Proyek terlihat dari Pasar Klakah Kabupaten Lumajang

Klakah - Kabupaten Lumajang memiliki banyak wailayah dengan geografis pegunungan. Salah satunya gunung proyek (bukit) di Kecamatan Klakah. Pintu masuk ke gunung proyek berada di sebelah timur tanjakan SMA Negeri Klakah.

Herman Afandi, salah seorang warga Klakah menyatakan penamaan gunung proyek kemungkinan karena adanya pembangunan proyek pemancar (tower). Pembangunan tersebut sekitar tahun 1970-an. Dirinya pernah nonton TV tahun 1974-an saat pertandingan tinju Mohammad Ali.

Baca juga: Ketua DPRD Lumajang Oktafiani Dukung Peningkatan Pendapatan Asli Daerah

"Saya kurang jelas kenapa disebut gunung proyek, tapi kemungkinan karena adanya pembangunan tower dipuncak gunung," jelas Herman kepada Lumajangsatu.com, Jum'at (24/02/2023).

Untuk menuju puncak gunung, kemudian dibangun jalan melingkar dengan diaspal. Saat itu, karena jalannya bagus, sering digunakan oleh anak-anak muda Klakah dan sekitarnya untuk berolahraga dan juga untuk fisik para atlet sepak bola dan volly.

Baca juga: Pelaku Pemerasan Bersajam Diamankan Polres Lumajang

"Dulu banyak atlet-atlet volly dan sepak bola asal Klakah yang kalau fisik di gunung Proyek ini," terangnya.

Kondisi di puncak gunung Proyek juga sangat bagus dan indah sekali. Saat jalan masih mulus, setiap sore pasti banyak anak muda yang menikmati keindahan alam dari puncak gunung Proyek. Gunung Proyek nampkanya juga bisa dibuat spot paralayang atau dibuat jembatan gantung untuk menuju Ranu Klakah.

Baca juga: Satlantas Polres Lumajang Sosialisasi Larangan Sepeda Listrik di Jalan Raya

"Ini juga bisa menjadi destinasi wisata jika dikelola dengan baik," paparnya.

Namun, kondisi jalan saat ini sudah rusak sehingga jarang orang naik ke puncak gunung proyek baik untuk menikmati sore atau berolahraga. "Mungkin ya, bisa dikelola lagi, dan bisa menjadi salah satu penunjang wisata Segi Tiga Ranu Lumajang," pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru