Bupati Lumajang Thoriqul Haq Tinjau Lokasi

Krisis Air Pertanian di 3 Desa di Lumajang Terus Dicarikan Solusi

lumajangsatu.com
Bupati Lumajang saat melihat potensi air yang bisa dialirkan ke lahan persawahan di tiga desa

 

 

Baca juga: Car Free Day di Alun-Alun Lumajang Bikin PKL Raup Untung Banyak

Lumajang Pemerintah Kabupaten Lumajang terus berupaya mencarikan solusi untuk mengatasi irigasi tiga desa yakni Desa Blukon, Boreng dan Kelurahan Rogotrunan Kecamatan Lumajang. Ratusan hektar sawah di tiga Desa dan Kelurahan itu menjadi terganggu produksinya akibat jebolnya Dam Gambiran.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq pada Minggu siang (16/04) bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Lumajang meninjau kembali ke desa tersebut untuk melihat potensi yang bisa dijadikan solusi irigasi di tiga desa tersebut.

Baca juga: Warga Sumberbendo Demo Sekdes Dorogowok Lumajang Mundur

"Hari ini, saya keliling ke beberapa titik irigasi pengairan sawah Boreng dan Blukon. Semua solusi terus dikerjakan, pembuatan tanggul di Sungai Sumber Blukon, pengadaan mesin pompa, pemasangan pipa ke saluran irigasi," ujar Bupati.

Bupati juga mengungkapkan, bahwa selain pembangunan tanggul, upaya lain yang dilakukan Pemkab Lumajang adalah pengadaan mesin pompa dan pemasangan pipa ke saluran irigasi yang mengarah ke Desa Blukon dan Boreng.

Baca juga: Kebakaran Hutan di Gunung Pucang Ranggah Lumajang Diduga Angin Kencang

"Saat ini on progres semua sedang dikerjakan. Sambil menunggu realisasi percepatan pembangunan tanggul Dam Gambiran yang sudah diusulkan ke APBD Provinsi Jawa Timur,"  pungkasnya.(Kom/Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru