Rakor Pilkades

Jelang Pilkades, Polres Lumajang Siap Amankan Daerah Rawan Gesekan

lumajangsatu.com
Kabag Ops Polres Lumajang Ikuti Rakor Pelaksanaan Pilkades Serentak di 6 Desa

Lumajang- Polres Lumajang mengikuti rapat koordinasi pelaksanaan Pilkades 2023 di Ruang Terbatas Setda Pemkab Lumajang Rabu, (7/6/2023). Hal ini sebagai bentuk terciptanya harkamtibmas yang aman, terlebih di daerah yang potensinya ada rawan gesekan. 

Dalam kegiatan tersebut dijadikan oleh Kabagops Polres Lumajang, Kadis Pemdes Lumajang, Kabid Pemdes Lumajang, Kabagops Polres Lumajang, Perwakilan RS Haryoto Lumajang, Dindikbud Lumajang, PN Lumajang, Disduk Capil Lumajang, Kesbangpol Lumajang, Satpol PP Lumajang santPerwakilan Kemenag Lumajang.

Baca juga: Hujan Turun, Laskar Hijau Mulai Tanam Bambu di Lereng Gunung Lemongan Lumajang

Kadis Pemdes menyampaikan, Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor : 188.45/213/42.12/2023 tanggal 30 Mei 2023 tentang Panitia Pemilihan Kabupaten dalam rangka Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2023

Kemudian Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor : 188.45/181/427.12/2023 tanggal 11 Mei 2023 tentang Hari, Tanggal, dan Desa yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2023

Tahapan Pilkades Tahun 2023 meliputi Tahap Sosialisasi, Pemilihan dan Pelantikan.

Sedangkan untuk pelaksanaan Pilkades diikuti 8 Desa diantaranya Desa Tempurejo Kecamatan Tempursari, Desa Penanggal dan Candipuro, Kecamatan Candipuro, Desa Tempeh Tengah dan Tempeh Lor, Kecamatan Tempeh, Desa Umbul, Kecamatan Kedungjajang, Desa Tukum, Kecamatan Tekung dan Desa Jatigono, Kecamatan Kunir. 

Baca juga: Masjid Pilar Peradaban Islam

Sementara itu Kabagops Polres Lumajang AKP Jauhari Ma'arif mengungkapkan, Sistem Pengamanan Polres Lumajang Pilkades berdasarkan Kirka intel yang tidak bisa dibatasi jumlah personil yang berdasarkan situasi aman, rawan dan sangat rawan.

Nantinya pada H-1 pelaksanaan pemungutan suara Pilkades, pasukan pengamanan sudah didorong masuk ke setiap desa yang melaksanakan Pilkades.

"Nanti kalau daerah yang rawan akan disiagakan pasukan lebih guna antisipasi huru-hara yang tak diinginkan" Kata Kabag Ops yang kerap dipanggil dengan AKP Arif Kamis, (8/6/2023). 

Baca juga: Operasi Tumpas Narkoba Polres Lumajang Amankan 20 Tersangka

Secara umum, jelang Pilkades ini situasi masih aman kondusif. Pihaknya juga berharap semua warga masyarakat untuk ikut menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif. 

“Kami ajak semua masyarakat menyambut pelaksanaan Pilkades ini dengan riang gembira. Inikan pesta demokrasi, harusnya pesta disikapi dengan gembira. Semuanya adalah keluarga, Kita semua saudara,” tutupnya (Ind/red). 

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru