Dikirim ke Sejumlah Perusahaan

20 Siswa MA Plus Keterampilan MAN Lumajang Dilepas Magang

lumajangsatu.com
Pelepasan 20 Siswa MA Plus Keterampilan MAN Lumajang untuk melakukan praktek kerja lapangan (PKL)

Lumajang- Sebanyak 20 siswa MA Plus Keterampilan dilepas untuk Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau bisa juga disebut magang tahun pelajaran 2022/2023. PKL sendiri merupakan bentuk penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pelatihan dengan bekerja secara langsung, secara sistematik dan terarah dengan supervisi yang kompeten. Kegiatan ini dilaksanakan di aula asrama putri MAN Lumajang dengan dihadiri kepala MAN Lumajang, ketua MA Plus Keterampilan, waka dan staf MAN Lumajang.

20 siswa yang dilepas PKL terdiri dari Prodistik 17 siswa dan Protabus 3 siswa diberangkatkan magang di 9 wilayah yang terjangkau dengan tempat tinggal siswa yang dimagangkan. Kegiatan magang dilaksanakan dalam waktu kurang lebih empat minggu mulai tanggal 03 Juli - 23 Juli 2023.

Baca juga: Operasi Tumpas Narkoba Polres Lumajang Amankan 20 Tersangka

Adapun yang menjadi tempat magang siswa MA Plus Keterampilan MAN Lumajang untuk bidang Design Grafis yakni, AA Foto Lumajang, Rizky Foto Pulo, Sentral Percetakan Lumajang, Ryo Percetakan Lumajang, Ryo Digital Percetakan Lumajang, Araya Foto Lumajang, sedangkan untuk bidang Tata Busana yakni LKP Mandiri Lumajang, dan Bangun Roda Kaos Lumajang.

Dengan kegiatan magang ini, siswa tidak hanya melaksanakan teori saja melainkan praktek juga yang dijalani, sebagaimana yang diungkapkan ketua MA Plus Keterampilan ustadzah Dra. Nila Hayati. "harapannya anak-anakku di tempat magang benar-benar memperoleh ilmu tidak lagi teori tetapi praktek didunia nyata," ungkapnya.

Baca juga: Polisi Bakar Arena Sabung Ayam di Desa Dawuhan Lor Lumajang

Kepala MAN Lumajang ustadz Edi Nanang Sofyan Hadi, S.Ag., M.Pd memberikan statement untuk siswa MAN Lumajang bisa masuk pada seluruh elemen yang salah satunya berkaitan dengan dunia kerja. "Lulusan madrasah yang ada MA Plus Keterampilan ini harus bisa masuk pada seluruh elemen, dengan pembekalan dari madrasah 75 % praktek dan 25 % teori," ungkapnya.

“Harapannya siswa ketika lulus dari ma plus keterampilan sudah memiliki skill yang bisa dikembangkan di luar madrasah," imbuhnya.

Baca juga: Dindikbud Hadirkan Museum Keliling Bagi Warga Lumajang

Harapan juga disampaikan dari instruktur bidang Protabus ustadzah Maryam. "Harapan saya dari adanya kegiatan PKL ini siswa/i prodistik dan protabus mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan dunia usaha/dunia industri. Sehingga siswa/i protabus dan prodistik mampu menjadi lulusan berkreasi dan berinovasi sesuai kemajuan global," ungkapnya.

Kepala MAN Lumajang ustadz Edi Nanang Sofyan Hadi juga menyampaikan pesan pada seluruh siswa yang dimagangkan. "Karena kalian sebagai siswa madrasah, ketika magang jaga selalu sholatnya, manfaatkan waktu yang ada selama 4 minggu, saya titip yang kedua jaga akhlak, sholat dhuhanya, diupayakan karena itu adalah furudhul ainiyah, yang ketiga nanti kalian setelah magang betul-betul ada laporannya , dan buatkan konten," pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru