Masih Terus Dibahas

Ini Penjelasan Pj Bupati Soal Dinamika Pembahasan APBD Lumajang 2024

lumajangsatu.com
Indah Wahyuni, Pj Bupati Kabupaten Lumajang

Lumajang - Proses penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan Daerah (RAPBD) Kabupaten Lumajang 2024 masih belum rampung. Pemerintah Kabupaten Lumajang masih melakukan pembahasan bersama Badan Anggaran DPRD Kabupaten Lumajang. Ditargetkan, pembahasan tersebut akan rampung pada akhir November 2023 mendatang.

Saat dikonfirmasi di sela kegiatannya, Kamis (02/11/2023), Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) mengatakan, bahwa RAPBD Tahun 2024 akan menyesuaikan dengan arah kebijakan fiskal dan program prioritas nasional serta program dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Baca juga: RSUD Pasirian Lumajang Resmi Miliki Logo Baru

"Jadi bahwa program kita harus selaras dengan program Nasional maupun Provinsi," katanya.

Yuyun juga mengatakan, untuk penyusunan RAPBD tidak akan berpengaruh pada program pemerintah daerah yang telah ditetapkan, hanya saja akan ada penyesuaian program dan besaran anggaran yang dialokasikan.

Baca juga: TNI Aktif Dampingi Petani Pronojiwo Lumajang Jelang Musim Tanam

"Nantinya dalam penyusunan APBD kita akan menggunakan skala prioritas dan tidak ada yang dihilangkan namun besarannya kita sesuaikan, kita lakukan evaluasi program yang sudah berjalan, mana yang masih kurang nanti kita sesuaikan," ujarnya.

Menurutnya, jika berpedoman pada program prioritas nasional, APBD Kabupaten Lumajang Tahun 2024 mendatang akan fokus pada program pengentasan kemiskinan, kemiskinan ekstrim, penurunan stunting dan menjaga laju inflasi agar tetap terkendali.

Baca juga: KPU Segera Tetapkan Paslon Bupati dan Wabup Pilkada Lumajang 2024

Dan, untuk kapan ditetapkannya RAPBD TA 2024, Pj. Bupati Lumajang menyebut masih dilakukan pembahasan bersama Tim Banggar DPRD Kabupaten Lumajang, namun pihaknya menargetkan rampung di bulan November 2023 mendatang.

"Ini masih proses, masih on the track, semuanya masih berjalan baik, kalau dari penjelasan pak sekwan Insya Allah minggu depan kita lanjutkan pembahasannya," pungkasnya.(Kom/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru