STKIP PGRI Lumajang bersama Unmuh Jember

Kuliah Tamu Prodi Pendidikan MTK STKIP PGRI Lumajang

lumajangsatu.com
Mahasiswa STKIP PGRI Lumajang saat dihadirkan Dosen Tamu dari Unmuh Jember

Lumajang - Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Lumajang mengadakan kuliah tamu dengan tema "Pengenalan Literasi Matematika dan Pembelajaran Matematika Digital". Acara ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Lumajang Angkatan 2022 serta beberapa dosen pengampu mata kuliah tersebut.

Pembicara pada kuliah tamu ini dari Universitas Muhammadiyah Jember yaitu Chusnul Khotimah Galatea, M.Pd pakar literasi matematis dan Rohmat Wahid Rhomdani R, M.Si pakar pembalajaran digital matematika.

Baca juga: RSUD Pasirian Lumajang Resmi Miliki Logo Baru

Literasi matematis tidak hanya sekadar kemampuan menghitung, tetapi juga kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan menggunakan matematika dalam berbagai konteks kehidupan.

Lebih lanjut, ibu Chusnul menjelaskan bahwa literasi matematis meliputi kemampuan untuk memformulasikan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai situasi. Hal ini penting agar individu dapat membuat keputusan yang tepat, memecahkan masalah, dan berpartisipasi aktif dalam masyarakat. 

Sedangkan Pada perkuliahan tema pembelajaran matematika digital Bapak Rohmat Wahid Rhomdani R, M.Si berbagi pengalamannya dalam memanfaatkan berbagai aplikasi dan platform digital, untuk mendukung proses pembelajaran matematika yang lebih interaktif dan menarik serta menekankan pentingnya mengintegrasikan teknologi, dalam pembelajaran matematika di era digital saat ini contohnya menggunakan javascript. 

Baca juga: TNI Aktif Dampingi Petani Pronojiwo Lumajang Jelang Musim Tanam

"Teknologi digital dapat membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih konkret dan menarik. Selain itu, pembelajaran jarak jauh juga dapat dilakukan secara efektif dengan memanfaatkan berbagai tools digital," ujar Wachid.

Kuliah tamu ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pemahaman mahasiswa mengenai pentingnya literasi matematis pentingnya mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran matematika di era digital. 

Baca juga: KPU Segera Tetapkan Paslon Bupati dan Wabup Pilkada Lumajang 2024

Acara ini juga menjadi sarana bagi mahasiswa untuk berdiskusi dan bertukar ide dengan pakar di bidang pendidikan matematika Para mahasiswa yang hadir terlihat antusias dan aktif bertanya, baik tentang literasi matematis maupun terkait dengan terkait dengan cara mengimplementasikan pembelajaran matematika digital. 

Kuliah tamu ini diharapkan dapat menginspirasi para mahasiswa untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan teknologi guna meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Acara ini juga menjadi sarana berbagi pengetahuan dan pengalaman antara akademisi dan praktisi di bidang pendidikan matematika (red).

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru