TNI, Polri dan BB TNBTS

Tim Gabungan Lumajang Terus Pastikan TNBTS Aman Pengrusakan Lingkungan

lumajangsatu.com
Patrolgi gabungan pastikan kawasan hutan TNBTS aman dari aksi pengrusakan lingkungan

Lumajang - Patroli gabungan yang melibatkan TNI, Polri, dan berbagai instansi terkait dilaksanakan di kawasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) pada Kamis (5/9/2024). Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi berbagai ancaman yang dapat merusak lingkungan, termasuk kebakaran hutan, pembukaan lahan ilegal, perburuan satwa yang dilindungi, dan illegal logging.

Dalam keterangannya, Danramil 0821-04/Gucialit Kapten Arh Ariman Aditiawan menjelaskan bahwa patroli tersebut merupakan lanjutan dari upaya sebelumnya untuk memastikan kawasan BB TNBTS tetap aman dan terlindungi.

Baca juga: Paripurna Perdana, Ini Nama Ketua dan Wakil Ketua DPRD Lumajang

“Kegiatan ini merupakan patroli lanjutan, sesuai dengan petunjuk dan arahan dari Bapak Dandim. Kami bersama tim patroli gabungan ingin memastikan kawasan ini tetap aman dari ancaman kebakaran hutan dan pelanggaran hukum lainnya. Sinergi antara TNI, Polri, dan instansi terkait sangat penting untuk menjaga kelestarian lingkungan di kawasan BB TNBTS,” jelas dia.

Patroli tersebut melibatkan berbagai pihak, termasuk Forkopimcam Gucialit, Asisten Manager PTPN Kertowono, Kepala Resort PTN Wilayah Gucialit, Kepala Desa Kenongo, serta anggota TNBTS, Perhutani, dan Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN Lumajang.

Baca juga: Kendalikan Harga, Ini Jadwal Pasar Murah di Lumajang

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk melakukan pengecekan dan penertiban terhadap aktivitas ilegal serta memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kelestarian hutan dan mencegah kebakaran hutan.

“Kami juga melakukan pemetaan terhadap area-area yang berpotensi mengalami pembukaan lahan ilegal dan perburuan satwa. Upaya ini merupakan bagian dari tanggung jawab kita untuk melindungi keanekaragaman hayati dan sumber daya alam yang ada di kawasan ini,” tambahnya.

Baca juga: KKN UBI dan STIB Banyuwangi Latih PKK Sidorejo Lumajang Buat Spray Anti Nyamuk Berbahan Serai

Melalui patroli ini, diharapkan akan terjalin kerja sama yang lebih erat antara berbagai pihak dalam menjaga lingkungan dan memastikan bahwa kawasan BB TNBTS tetap aman dan lestari. Kegiatan patroli akan terus dilakukan secara berkala sebagai langkah preventif untuk menghadapi berbagai ancaman yang dapat merusak ekosistem di wilayah tersebut.(Kom/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru