Didampingi Babinsa Kodim 0821

Petani Lumajang Mulai Siasati Kekeringan Lahan Gunakan Sistem Pipanisasi

lumajangsatu.com
Pendampingan TNI kepada para petani di Desa Boreng untuk ketahanan pangan

Lumajang - Kekeringan di Lumajang semakin parah melanda beberapa wilayah pertanian. Dalam upaya mendukung keberlanjutan usaha tani, Babinsa Boreng dari Koramil 0821-01/Lumajang Kopda Andi Eko aktif melaksanakan pendampingan pompanisasi di lahan padi milik kelompok tani Rukun Tani. Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Boreng Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (24/9/2024).

Kopda Andi Eko menjelaskan bahwa pompanisasi merupakan metode pengelolaan irigasi yang menggunakan pompa untuk mengalirkan air ke lahan pertanian. Menurutnya, metode tersebut sangat penting, terutama di daerah yang mengalami tantangan ketersediaan air yang tidak menentu.

Baca juga: 38 Ribu Batang Ganja Diamankan dari 48 Titik di Kawasan TNBTS Lumajang

"Pengelolaan irigasi dengan pompa dapat mendukung usaha tani berkelanjutan, memastikan tanaman padi tetap tumbuh optimal dengan ketersediaan pengairan yang maksimal," jelasnya.

Baca juga: Masuki Masa Kampanye, DPRD Ajak Warga Jaga Kondusifitas Pilkada Lumajang

Kegiatan tersebut juga mendapat sambutan positif dari Ketua Kelompok Tani Rukun Tani, Subakir yang menyatakan bahwa kehadiran Babinsa sangat membantu dalam memberikan motivasi dan dukungan teknis di lapangan.

"Kami merasa didampingi dan diperhatikan dalam menjaga lahan pertanian agar tetap produktif," ujarnya.

Baca juga: Warga Sentul Lumajang Siapkan Tandon Besar Hadapi Krisis Air Bersih

Dengan adanya pendampingan pompanisasi tersebut, diharapkan pengelolaan irigasi di Desa Boreng dapat berjalan lebih efektif dan berdampak positif pada hasil panen petani. Kegiatan tersebut mencerminkan sinergi yang kuat antara TNI dan masyarakat dalam menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Lumajang, serta berkontribusi pada keberlanjutan sektor pertanian di Desa Boreng.(Kom/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru