Terjun Disejumlah Titik

Puluhan Kendaraan Ditilang Pada Razia Anti Balap Liar Polres Lumajang

lumajangsatu.com
Petugas kepolisian melakukan pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan

Lumajang – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lumajang terus meningkatkan kegiatan patroli untuk mencegah terjadinya balap liar. Dimana balap liar yang sering digelar anak muda pada malam minggu sering kali dikeluhkan warga.

Kasat Lantas Polres Lumajang, AKP Mohamad Syaikhu, mengatakan bahwa patroli rutin dilakukan di sejumlah titik yang dianggap rawan terjadinya balap liar, salah satunya di Jalan Slamet Riyadi.

Baca juga: Makan Tumpeng Bersama HUT TNI 79 di Alun-Alun Lumajang

"Kami telah melakukan patroli gabungan bersama Satgas OMP pada Minggu (6 Oktober 2024) dini hari. Fokus kami adalah mencegah terjadinya balap liar dan menciptakan situasi lalu lintas yang aman dan tertib," ujar Syaikhu.

Dalam kegiatan patroli tersebut, petugas melakukan pemeriksaan terhadap pengendara roda dua yang berkumpul di lokasi yang dicurigai sebagai titik kumpul pelaku balap liar. 

Baca juga: Malam Minggu, Polisi Intensifkan Patroli Cegah Balap Liar di Lumajang

Dalam operasi tersebut, puluhan pengendara sepeda motor yang kedapatan melakukan pelanggaran lalu lintas diberikan tindakan tegas berupa tilang.

"Kami tidak segan-segan menindak tegas pengendara yang melanggar aturan lalu lintas. Tujuannya adalah untuk memberikan efek jera dan menciptakan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas," tegas Syaikhu.

Baca juga: KLHK Pasang Alat Pemantau Kualitas Air di Sungai Kali Asem Lumajang

Syaikhu mengimbau kepada masyarakat, khususnya para pemuda, agar tidak terlibat dalam kegiatan balap liar. Ia juga meminta peran serta orang tua untuk mengawasi anak-anaknya agar tidak melakukan hal-hal yang dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan patroli rutin ini, angka kecelakaan lalu lintas akibat balap liar dapat ditekan dan masyarakat dapat merasa aman dan nyaman saat beraktivitas di jalan raya," pungkas Syaikhu.(Hms/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru