Jadi Objek Vital Bagi Petani

Pembangunan Dam Gambiran Lumajang Telan Dana 11,8 Miliar Rupiah

Reporter : Babun Wahyudi
Pj Bupati Lumajang saat melihat progres pembangunan Dam Gambiran

Lumajang - Setelah menunggu lebih dari lima tahun, Dam Gambiran atau disebut juga Dam Boreng akhirnya dibangun. Dana pembangunannya  menggunakan APBD Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Tahun Anggaran 2024 sebesar Rp11,8 miliar. Selain pembangunan Dam, juga dibangun intake saluran air ke persawahan yang menelan dana sebesar Rp1,3 miliar.

Indah Wahyuni, Penjabat Bupati Lumajang menyatakan Pembangunan dam Gambiran ditargetkan rampung akhir Desember 2024. Setelah itu, Dam Gambiran bisa dimanfaatkan untuk mengairi sekitar 278 hektar lahan pertanian yang ada beberapa di beberapa Desa di Kecamatan Lumajang.

Baca juga: Ini Alasan Pemprov Jatim Mau Membangun Dam Gambiran Lumajang

“Ditargetkan rampung bulan Desember ini, dan nanti bisa mengairi ratusan hektar lahan pertanian di beberapa Desa,” jelas Indah Wahyuni.

Baca juga: Ria Yulianti Atlet Taekwondo Paralimpik Lumajang Sabet Emas Jatim di Peparnas Solo

Indah Wahyuni berharap dengan pembangunan Dam Boreng tersebut, Lumajang akan mempertahankan sebagai daerah penghasil beras// Sehingga produksi beras di Lumajang bisa mencukup kebutuhan warga Lumajang dan menjadi penopang swasembada beras di Jawa Timur.

Baca juga: Dam Gambiran Lumajang Akan Mengairi Sekitar 278 Hektar Lahan Pertanian

“Untuk sementara kita himbau menang palawija dulu, nanti jika sudah selesai maka petani bisa kembali beralih menanam padi lagi,” pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru