Monitoring dan Evaluasi

Dikunjungi Asdep PMPB, Lumajang Jadi Percontohan Penanggulangan Bencana

lumajangsatu.com
Evaluasi dan monitoring pasca bencana erupsi semeru pada tahun 2021 Asdep PMPB

Lumajang - Dalam rangka penyerapan pandangan serta evaluasi dan monitoring pasca bencana erupsi semeru pada tahun 2021 lalu, Tim Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Asdep PMPB) melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Lumajang. Kegiatan tersebut disambut dengan hangat oleh Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni yang bertempat di Ruang Mahameru, Kamis (24/10/2024).

Pada kesempatan tersebut Pj. Bupati Lumajang mengatakan cukup bangga karena Kabupaten Lumajang menjadi kawasan percontohan nasional dalam penanganan pasca bencana yaitu di area Hunian Tetap (Huntap) Bumi Semeru Damai, Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.

Baca juga: Kecelakaan Beruntun di Sukosari Lumajang Melibatkan Truk dan Bus Madjoe Berlian

“Mohon arahan dari Asdep PMBP tentang kolaborasi dengan pihak - pihak terkait dan progres pencapaian dampak bencana erupsi semeru hingga saat ini,” ujarnya.

Sementara itu, Slamet Widodo selaku Asdep PMPB menyampaikan bahwa sangat senang sekali bisa berkunjung ke Kabupaten Lumajang karena di beberapa daerah lainnya masih banyak temuan terkait bantuan hunian sementara atau tetap pasca erupsi gunung masih banyak yang belum ditempati karena berbagai hambatan yang ada di tempat.

Baca juga: Pasar Murah di Senduro Bagian Upaya Pengendalian Inflasi Lumajang

Asdep PMPB mengatakan bahwa kunjungan kali ini adalah untuk mengevaluasi dan memonitoring bagaimana progres capaian dampak bencana erupsi semeru hingga saat ini, terkait rehabilitasi serta kultur budaya yang ada huntap.

“Kami juga ingin melihat kondisi di lapangan seperti apa saat ini, seperti sudah menempati hunian apakah menemukan kendala lainnya dan ingin mendengar keluh kesah dari masyarakat disana karena mengingat potensi bencana di Lumajang ini sangat banyak, dan paling tidak kita harus mengantisipasi bencana tersebut,” ungkapnya.

Baca juga: Lumajang Terus Berkomitmen Terapkan Sistem Sanitasi Aman

Selanjutnya Kalaksa BPBD Kabupaten Lumajang Patria Dwi Hastiadi juga memaparkan bahwa Sektor Perumahan di Hunian Tetap Bumi Semeru Damai sebanyak 1924 rumah yang sudah ditempati dan dari segi Sektor Sosial, Sektor Ekonomi, dan Lintas Sektor fasilitas umum sudah lengkap dan telah berjalan dengan baik.(Kom/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru