Hujan Deras, Kubah Lava Siap Meluncur Dari Bibir Gunung Semeru

lumajangsatu.com
dok. Lasakar Semeru

Baca juga: Komisi A DPRD Dukung Pendekatan Humanis Satpol PP Pada Pelajar Lumajang

Lumajang(lumajangsatu.com)- Endapan erupsi gunung Semeru menimbulkan kubah lava baru yang terus berakumulasi di bibir gunung tertinggi di pulau Jawa. Kubah lava tersebut saat ini telah memenuhi bibir Gunung Semeru dan siap meluncur ke bawah melewati aliran sungai.

"Untuk itu masyarakat saat ini kita minta waspada, terutama pada saat turun hujan dengan intensitas tinggi dimana air didalam kawah keluar dengan besar kemudian membawa puluhan ton matrial pasir dan batu turun," ujar Hendro Wahyono Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang Hendro Sabtu, (15/11/14).

Berdasarkan laporan yang disampaikan ke Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui pemantauan Gunung Api Semeru di Pos Pantau Gunung Sawur, di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro saat ini kubah lava di puncak kawah Jonggring Saloko sudah penuh.

Masyarakat dihimbau untuk tidak beraktifitas disekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) yang terhubung dengan gunung Semeru ketika kawasan puncak tertutup mendung. Biasanya, ketika lahar dingin menerjang, akan diawali dengan suara gemuruh dari atas Gunung. 
Jika itu terjadi, maka masyarakat kita imbau menjauh dari DAS. Ini demi keselamatan jiwa mereka sendiri, pungkasnya.(Kar/yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru