Tanaman Bambu Paling Kuat Bertahan di Lereng Gunung Lemongan

lumajangsatu.com
dok. Laskar hijau Klakah

Baca juga: Komisi A DPRD Dukung Pendekatan Humanis Satpol PP Pada Pelajar Lumajang

Lumajang(lumajangsatu.com)- Upaya penghijauan di lereng Gunung Lemongan Kecamatan Klakah terus dilakukan oleh aktivis lingkunga. Laskar Hijau pada awal musim penghujan kembali melakukan penanaman pohon buah dan bambu.

"Setiap 10 Nopember kita melakukan awal penanaman pohon hingga berakhirnya musim penghujan," ujar A'ak Abdullah Al-kudus kepada lumajangsatu.com, Sabtu (15/11/2014).

Dari pengamatan Laskar Hijau tanaman yang paling kuat bertahan menghadapi musim kemarau adalah bambu. Sebab, bambu masuk dalam spesies ilalang dan di gunung Lemongan banyak ditumbuhi oleh ilalang.

"Yang kuat bertahan adalah bambu karena masuk dalam spesies ilalang dan di gunung Lemongan banyak ditumbuhi ilalang," terangnya.

Selama ini, penyebab matinya tanaman para aktivis bukan karena musim kemarau. Namun diakibatkan kebakaran hutan yang dilakukan oleh oknum warga yang ingin membuka lahan pertanian.

"Kita saat ini akan buat tim renger yang akan dilatih kusus untuk menjaga tanaman aktivis lingkungan  agar tidak dibakar," terang A'ak.

Disamping usaha itu, Laskar Hijau juga akan melakukan koordinasi dengan pemkab dan pihak kepolisian. Sosialisi kepada warga tentang pentingnya menjaga lingkungan juga terus dilakukan.(Yd/ed)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru