Laskar Hijau Turun Kepesisir Pantai Selatan

lumajangsatu.com
Laskar Hijau
Yosowilangan-untuk turut serta melestarikan kawasan pesisir selatan Lumajang khususnya di desa Wotgalih, Kecmatan yosowilangun, puluhan relawan Laskar Hijau turun gunung untuk melakukan penghijauan di pantai mbah drajid, bersama dengan masyarakat di desa Wotgalih.

Kelompok relawan peduli lingkungan yang selama ini dikenal sebagai penjaga Gunung Lemongan ini datang ke desa Wotgalih dengan membawa aneka bibit pohon.

kami datang untuk mendukung upaya-upaya pelestarian lingkungan yang dilakukan oleh teman-teman di Wotgalih kata Aak Abdullah Al-Kudus selaku koordinator Laskar Hijau yang juga turut hadir bersama rombongan dari Gunung Lemongan ini.Minggu (03/03/2013)

Sejatinya, masyarakat di Desa Wotgalih sejak dua tahun lalu memang secara rutin setiap seminggu sekali, melakukan penghijauan di kawasan pantai yang dikenal banyak mengandung pasir besi tersebut. Kegiatan penanaman lahir sebagai salah satu bentuk penolakan rakyat wotgalih terhadap rencana penambangan pasir besi oleh PT. Aneka Tambang di desanya.

ini adalah bentuk komitmen kami untuk terus menjaga desa Wotgalih dari kerusakan tegas Abdul Madjid Ridwan salah satu tokoh di desa Wotgalih yang intens melakukan penghijauan di pantai selatan.

Selain tanaman mangrove, para relawan  juga menanam aneka pohon lain semisal kelapa, jambu mente, cemara dan sandugo. Bibit-bibit pohon tersebut disediakan secara swadaya oleh masyarakat desa Wotgalih.

Tak hanya melestarikan pesisir pantai, Kelompok masyarakat ini juga bekerjasama dengan Laskar Hijau melakukan penyelamatan penyu yang banyak terdapat di pesisir desa Wotgalih. Warga mengumpulkan telur-telur penyu yang ditemukan di pantai untuk dipindahkan ke tempat penetasan yang aman dan layak. Setelah menetas, tukik-tukiknya akan dilepas liarkan ke samudera lagi.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru