Para Riders Juga Peduli Lingkungan

lumajangsatu.com
Track dan Penghijauan
Klakah-Tim Track bekerjasama dengan Laskar Hijau menyelenggarakan Green Adventure Segitiga Emas dan Gunung Lemongan. Minggu (10/2/2013). Kegiatan itu diselenggarakan dalam rangka untuk mempromosikan wisata Segitiga Emas (Ranu Klakah, Ranu Pakis dan Ranu Bedali). Disamping itu, juga untuk melakukan penghijauan bersama di Gunung Lemongan.

hadir dalam kegitan tersebut, komunitas Calvo yang dikomandani oleh Kapolres Lumajang AKBP Susanto, yang juga melakukan Sosialisasi Bahaya Narkoba untuk Komunitas Adventure Trail.

Dalam event kali ini para riders yang ikut berpartisipasi adalah semua club yang ada di Kabupaten Lumajang, Hahkan, ada yang dari Jember, Probolinggo dan Pasuruan.

Rute Track Start mulai dari Ranu Klakah, kemudian melintasi pegunungan Kendeng menuju Ranu Bedali. Dari Ranu Bedali naik ke desa Alun-Alun, selanjutnya menyusuri lereng sebelah barat Gunung Lemongan dengan medan yang ekstrem menuju Pos I di Gunung Puji.

Di sini para peserta adventure istirahat sejenak untuk kemudian melakukan penanaman pohon bersama dengan para relawan Laskar Hijau. Setelah melakukan penanaman pohon mereka melanjutkan petualangan mereka ke Ranu Pakis melewati desa Papringan, desa Sumber Wringin dan desa Duren. Perjalanan yang melelahkan ini berakhir kembali di Ranu Klakah.

Dalam sambutan pembukaannya, Kapolres Lumajang mengingatkan kepada para riders yang hadir di Ranu Klakah agar menghindari narkoba dan mencintai lingkungan. Karena selama ini komunitas adventure trail ini identik sebagai perusak lingkungan, suka menebar polusi dari asap knalpot dan merusak jalan-jalan di desa. Maka pada kesempatan kali ini, para riders diajak untuk membuktikan bahwa mereka adalah juga pecinta lingkungan dengan bentuk menanam pohon di Gunung Lemongan.

Pada kesempatan yang sama, koordinator Laskar Hijau yang juga penasehat panitia penyelenggara, A'ak Abdullah Al-Kudus menyatakan bahwa Adventure ini beda dengan event-event serupa lainnya, karena dalam event kali ini ada kegiatan menanam pohon.
 
Semoga budaya ini bisa ditiru oleh event adventure lainnya ke depan Ujar A'ak. (Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru