Cuaca Panas, Padang Ilalang di Pundak Lembu B-29 Terbakar

lumajangsatu.com

Lumajang (lumajangsatu.com) - Memasuki musim kemarau, padang savana di bukit Pundak Lembu kawasan B-29 Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) terbakar. Titik api diketahui menyala sejak hari Minggu (28/06) dan berhasil dipadamkan hari Senin (29/06) sore.

"Betul mas, hari Minggu masyarakat dan petugas kami dari TNBTS menemukan titik api di tebing Pundak Lembu," ujar Ayu Dwi Utari kepala TNBTS saat dihubungi lumajangsatu.com, Selasa (30/06/2015).

Baca juga: Kecelakaan Beruntun di Sukosari Lumajang Melibatkan Truk dan Bus Madjoe Berlian

Dengan alat seadanya, petugas dan warga melakukan pemadaman api agar tidak menjalar kewilayah lain yang rawan terbakar. Lokasi yang terbakar berada dibawah lokasi yang pernah terbakar pada tahun sebelumnya.

"Yang terbakar dibawahnya mas, lokasi ini hanya ditumbuhi semak-semak dan ilalang, kalau yang tahun lalau terbakar banyak juga pohon tegaknya," terangnya.

Baca juga: Pasar Murah di Senduro Bagian Upaya Pengendalian Inflasi Lumajang

Dengan pemadaman yang dilakukan oleh warga dan petugas TNBTS, diharapkan tidak timbul titik api lagi. Ayu khawatir kebakaran tersebut diakibatkan puntung rokok para pengunjung B-29 yang dibuang sembarangan tanpa dimatikan terlebih dahulu.

"Kita khawatirnya peneybab kebakaran ini akibat puntung rokok dari pengunjung yang dibuang sembarangan dalam kondisi yang masih menyala," pungkasnya.(Yd/red)

Baca juga: Dikunjungi Asdep PMPB, Lumajang Jadi Percontohan Penanggulangan Bencana

Foto : fb Jhony Vanbejhon

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru