Iki Loo Rek Sungai KU..!! Kali Asem Kotor Dihiasi Sampah

lumajangsatu.com

Lumajang (lumajangsatu.com) - Kondisi sungai Kali Asem yang membelah kota Lumajang tepatnya di jembatan Gambiran sangat memprihatinkan. Sampah yang memenuhi permukaan sungai menjadi tontonan yang tidak sedap dipandang.

"Kotor sekali mas, padahal sungai Kali Asem berada ditengah kota sehingga banyak orang yang bisa melihatnya," ujar Faisol salah seorang warga Lumajang.

Baca juga: Warga Lumajang Diajak Kenali Gejala dan Pengobatan Penyakit TBC

Sampah yang memenuhi sungai Kali Asem nampanya berasal dari sampah rumah tangga. Warga yang berada di sepanjang bibir sungai nampanya masih belum sadar tentang pentingnya menjaga sungai agar tidak tercemar akibat dibuangi sampah.

Baca juga: Wisuda Sekolah Orang Tua Hebat-SOTH, Upaya Lumajang Bebas Stunting

"Itu lihat mas, banyak sampah-samah dari plastik dan nampanya dari sampah keluarga, padahal sungai sebagai sumber kehidupan," jelasnya.

Sungai Kali Asem disekitar jembatan Gambiran baru beberapa bulan selesai dilakukan normalisasi. Penyempitan sungai akibatrumput teleh selesai diberihkan. Namun, kondisi tersrbut mebuat sampah-sampah yang dibuang oleh warga tidak bisa hanyut kehilir.

Baca juga: Warga Rowokangkung Lumajang Diajak Kenali dan Cegah Penyakit TBC

"Ini pasti bahaya mas, jika hujan sampah-sampah ini pasti akan menyumbat dan berpotensi menimbulkan banjir," pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru