Hujan Deras, Sejumlah Sungai Meluap ke Rumah Warga

lumajangsatu.com
Lumajang- Akibat hujan deras yang turun Kamis sore, beberapa Daerah Aliran Sungai (DAS) di Lumajang airnya meluap hingga masuk ke rumah warga. Debit air yang meninggi adalah sungai Kaliasem, Bondoyudo dan Rejali. Bahkan luapan air mencapi 70 cm daripada biasanya.

akibat luapan air Bondoyudo, beberapa wilayah seperti Dusun Biting, Desa Kutorenon Kecamtan SUkodono, terdampak luapan air.

Rochani Kepala BPBD Kabupaten Lmajang, meminta agar warga yang tinggal sekitar aliran sungai-sungai besar untuk meingkatkan kewaspadaan. Pasalnya, jika kondisi cuaca terus menerus diguyur hujan deras, dikhawatirkan luapan air semakin besar dari sebelumnya.

Khusus banjir lahar dingin semeru tidak terjadi, katanya.

Untuk luapan air sungai, pihaknya bersama anggotanya terus melakukan pemantauan. Jika sewaktu-waktu debit air meninggi, ia akan segera melakukan langkah dan menginformasikan sesegera mungkin kepada masyarakat.

Untuk bencana yang lain adalah bencana tanah longsor di Desa Bedayutalang, Kecamatan Senduro. Akibat longsor yang berupa meterial tanah lumpur ini membuat akses jalan di daerah tersebut tertutup total oleh meterial longosran.

Alhamdulilah, siang tadi jalan sudah bisa dilewati, terangnya.

Sejauh ini kata Rochani, akibat bencana ringan yang terjadi di lumajang, belum ada laporan adanya korban jiwa ataupun matriel. Ia juga berharap agar warga terus meningkatkan kewaspadaannya dalam musim hujan ini.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru