Separuh Pendaki Gunung Semeru Berhasil di Evakuasi

lumajangsatu.com

Lumajang(lumajangsatu.com)- Terjebaknya Puluhan pendaki di gunung semeru akibat kebakaran jalur pendakian, kini petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) berhasil mengevakuasi separuh pendaki yang terjebak kepungan si jago merah, sementara 25 pendaki lainnya masih diamankan di Ranu Kumbolo.

"Satu persatu pendaki sudah mulai sampai di Pos RanuPani mas, sementara yang masih ada di atas sekitar 25 orang," ungkap Gemblo petugas Polhut Resort Ranupani saat ditanya sejumlah awak media.

Baca juga: Diskominfo Ajak Warga Selektif Terima Informasi Jelang Pilkada Lumajang 2024

Lebih lanjut pihaknya mengatakan jika TNBTS telah mengirimkan tim untuk menyisir dan menjaga pendaki agar tidak nekat menyerobot jalur yang terbakar.

"Yang pasti tim kami ada yang ngepos di Ranu Kumbolo untuk mengarahkan para pendaki saat turun agar melewati jalur alternatif ayek-ayek," tambahnya.

Baca juga: DPRD Lumajang Siap Support Peningkatan Kapasitas dan Profesionalitas Wartawan

Sementara salah satu pendaki asal bekasi yang sampai di Pos Ranupani mengaku senang karena seluruh rombongannya yang berjumlah 11 orang selamat sampai Pos Ranupani.

"Alhamdulillah selamat semua mas, meskipun sempat terjebak api kemarin," ujar Nanda Fauzan di Pos Ranupani Desa Ranupani Kecamatan Senduro.

Baca juga: Penataan Kawasan Pura Mandhara Giri Semeru Agung Bisa Tingkatkan Ekonomi Warga Sekitar

Proses evakuasi pendaki yang masih berada di Gunung Semeru baru akan dilanjutkan pada esok hari, sebab cuaca malam hari sangat berbahaya untuk dilakukan proses evakuasi lanjutan. (Mad/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru