Kenalkan Kerajaan Lamajang Tigang Juru, Pelajar Diajak Jelajah Situs

lumajangsatu.com

Lumajang (lumajangsatu.com) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lumajang menggelar jelajah situs dengan menggandeng pelajar. Kegiatan tersebut sebagai upaya Pemerintah mengenalkan sejarah dan peninggalan bekas Kerajaan Lamajang Tigang Juru.

"Program ini sudah kita gagas sejak tahun 2016, namun tahun 2017 ini kita gelar setiap bulan dengan menggandeng Dinas Pendidikan," ujar Indrianto, Kabid Seni dan Budaya Disbudpar Kabupaten Lumajang, Kamis (23/02/2017).

Baca juga: PT KAI dan Dishub Lumajang Tutup Perlintasan Kereta Api Liar

Disbudpar sudah melakukan pendataan sejumlah sekolah yang akan mengikuti jelajah situs dengan perwakilan siswa. Setiap kegiatan, ada dua sekolah yang ikut yang didampingi oleh guru bidang sejarah.

"Setiap sekolah hanya perwakilan siswa saja yang didampingi oleh guru sejarah masing-masing," jelasnya.

Baca juga: 26 Ribu Warga Telah Berkunjung dan Manfaatkan Pelayanan di Mal Pelayanan Publik Lumajang

Yopi Aris Widianto, guru sejarah SMA Negeri 3 Lumajang menyambut baik kegiatan tersebut. Hal itu sangat membantu, karena para siswa bisa mengenal sejarah kerajaan Lamajang, bukan dari bukuĀ  atau cerita saja namun langsung melihat kondisi peninggalannya.

"Kami sangat apresiasi dengan kegiatan Disbudpar ini. Dan para siswa juga sangat antusias karena saat mengikuti kegiatan mereka aktif bertanya kepada pendamping dari Disbudpar," pungkasnya.

Baca juga: Diskominfo Ajak Warga Selektif Terima Informasi Jelang Pilkada Lumajang 2024

Jelajah situs dimulai dari Museum daerah, dilanjutkan ke Candi Agung Randuagung, Situs Biting bekas Kerajaan Lamajang Tigang Juru di Kutorenon dan diakhiri di situs Candi Gedong Putri di Candipuro.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru