Pernak Pernik Alam Lumajang

Fenomena Awan Caping Tutupi Puncak Semeru Viral di Medsos

lumajangsatu.com
Puncak Semeru di selimut awan berbentuk topi. (foto dari Suhariyono)

Lumajang (lumajangsatu.com) - Fenomena alam unik dan menarik terjadi di puncak gunung Semeru Kabupaten Lumajang. Pasalnya, Senin pagi, (10/12/2018) kabut caping menutup puncak gunung tertinggi pulau Jawa dan sempat diabadikan oleh warga.

Sontak saja, foto yang menyebar melalui media sosial WatsApp dan Facebook langsung jadi viral. Pemandangan gunung Semeru terlihat sangat indah dari sisi Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang.

Siska Siti Aisyah, salah seorang warga mengaku melihat dengan jelas fenomena awan caping itu. Awalnya, awan hanya kecil menutupi puncak gunung Semeru.

Lama-kelamaan awan tersebut semakin tebal dan menutup puncak Semeru seperti caping (topi bundar). Puncak gunung Semeru memang sering ditutupi awan, namun sangat jarang membentuk caping seperti yang terjadi pada Senin pagi.

"Kalau warga disini sering melihat awan menutupi puncak Semeru, tapi kalau yang seperti tadi pagi sangat jarang. Saya hanya melihat tadi pagi itu saja," jelasnya.

Gunung Semeru jika saat cuaca cerah akan tampak jelas dari wilayah Pronojiwo Lumajang. Bahkan, sudah banyak foto-foto viral Semeru karena keindahannya dipotret dari sisi Pronojiwo.

Fenomena awan caping dipuncak Semeru sudah menyebar di media sosial. Netizen banyak yang kagum dan takjub, karena sangat jarang terjadi dan sulit untuk dibadikan.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru