Inovasi Desa

Marak Maling Sapi, Warga Purwosono Buat GASTER Lumajang

lumajangsatu.com
Model Desain Bangunan Garasi Ternak (GASTER) di Desa Purwosono Kecamatan Sumbersuko -Lumajang. ( foto istimewa)

Lumajang (lumajangsatu.com) - Maraknya maling sapi di Lumajang ternyata mampu membuat hadirnya sebuah inovasi dari masyarakat untuk menjaga keamanan ternaknya. Salah satunya, Garasi Ternak (GASTER) dimana ditempat itu berkapasitas 30 ekor sapi didalamnya dicetuskan oleh Kepala Desa Purwosono.

GASTER  dibentuk agar konsentrasi pengamanan terhadap hewan ternak dapat terfokus di satu titik saja. Program ini di prakarsai oleh  HendrikKepala Desa Purwosono Kecamatan Sumbersuko Lumajang yang didukung penuh oleh warganya.

Baca juga: Kapolres Lumajang Resmikan Garasi Ternak Untuk Tekan Maling Sapi

"Terobosan ini dipilih oleh kami bersama warga, demi keamanan. karena warga adalah peternak sapi," ungkapnya.

GASTER ini dibangun diatas tanah milik ketua RT yang dihibahkan kepada lingkungan tersebut. Dengan adanya program GASTER ini diharapkan dapat menekan angka pencurian sapi di wilayah tersebut.

Dalam lingkungan tersebut hanya dalam satu RT di RT 9 ada sekitar 52 sapi yang dimiliki oleh warga sekitar yang dipelihara di rumahnya masing-masing. dalam tahapan pertama ini akan dibangun satu GASTER, dimana akan dibangun lagi tahap kedua setelah tahap pertama selesai.

Dengan adanya program ini secara otomatis akan dibentuk Satgas keamanan desa yang tujuannya mengamankan GASTER dan lingkungan sekitarnya. (ls/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru