Kebakaran Hutan dan Ilalang di Lereng Gunung Lemongan Kembali Terjadi

lumajangsatu.com

Baca juga: Tahun 2015, Saatnya Bersatu Jadi Terbaik Rek!

Lumajang(lumajangsatu.com)- Kebakaran ilalang di lereng Gunung Lemongan kembali terjadi, sekitar jam 11 siang, Sabtu (05/10/2013). Informasi tersebut diperoleh dari para aktivis lingkungan Laskar Hijau, yang memantau langsung kebekaran diarea lereng Gunung Lemongan.

Menurut A'ak Abdullah AL-kudus, area ilalang yang terbakar berada diatas lokasi lahan yang ditebang oleh perhutani beberapa waktu lalu. Meski belum diketahui penyebab pastinya, namun Laskar Hijau mengira ada para pihak yang sengaja melakukan pembakaran. "KIta belum tahu penyebabnya, namun kami duga ada yang sengaja," terangnya.

Melihat kondisi cuaca dan angin yang yang cukup kencang, kemungkian kebakaran akan terus merembet, dilokasi lahan yang sudah dibersihkan ilalangnya dari tanaman konservasi, yang ditanam para aktivisi. Aktivis laskar hijau juga mulai naik, untuk melihat seberapa luas lahan yang sedang terbakar. "Melihat cuacanya pasti akan merembet sangat luas," Ujar A'ak.

Pihaknya juga telah mengabarkan kepada sejumlah petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang. Harapannya, agar ada penaggulangan dari BPBD, sehingga kebakaran tidak akan masuk dalam kawasan yang lainnya.

Dikonfirmasi terpisah, Rochani Kepala BPBD mengaku belum mendapatkan informasi terjadinya kebakaran hutan dilereng Gunung lemongan. Pihaknya akan melakukan pengecekan adanya kebakaran tersebut, jika memang terjadi maka BPBD akan melakukan koordinasi dengan pihak kehutanan. "Kita belum dapat kabarnya ya mas, coba saya cek dulu ke teman-teman," Ungkap Rochani, saat dihubungi lumajangsatu.com.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru