Inovasi Polri untuk rakyat

Kapolres Lumajang Gelar Lomba Membuat Tahu Susu, Cak Thoriq dan Dandim Terkesan

lumajangsatu.com
Kapolres Lumajang menjelaskan ke Bupati dan Dandim tentang Tahu Susu yang pas dan enak.

Lumajang (lumajangsatu.com) - Polres Lumajang adakan kegiatan lomba pembuatan tahu susu dengan peserta lomba kapolsek jajaranbersama Bhayangkarinya dalam rangka memberikan contoh inovasi pengembangan UMKM berupa mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi untuk memberikan nilai tambah di Stadion Semeru, Jum'at (22/3/2019). Lumajang dikenal sebagai pemasok susu segar di wilayah Barat.

Dalam kegiatan kali ini melombakan pembuatan susu menjadi tahu, karena banyaknya yang memelihara sapi dilumajang. selain bisa dijual bisa juga di konsumsi sendiri sebagai penambah nilai gizi, karena dari tahu susu tersebut terkandung Protein yang tinggi.

Baca juga: Video : Kapolres Lumajang Gelar Lomba Membuat Kreasi Tahu Susu

Polri tentu sangat peduli dengan kemajuan UMKM masyarakat karena bila kesenjangan ekonomi kecil maka kriminalitas juga akan berkurang.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH menjelaskan cara pembuatan tahu dengan bahan susu. Tahu susu ini sebenarnya makanan asli suku duri yang berasal dari Kalosi, Sulawesi Selatan. Di Kalosi Tahu susu ini disebut Dangke.

"Cara membuatnya dengan mencampur susu sapi atau susu kerbau atau susu kambing dengan beberapa tetes getah pepaya," ungkapnya.

Masih kata dia, Karena didalam getah pepaya ada molekul-molekul yang bergerak bebas yang mengikat molekul whey protein yang ada pada susu. "sehingga hasilnya terjadi penggumpalan seperti bentuk susu," terangnya.

Dalam teori pencegahan kejahatan Social Crime Prevention, melihat kejahatan terjadi karena masalah kemiskinan, masalah kesenjangan ekonomi, maupun masalah pendidikan. sehingga salah satunya untuk mencegah kejahatan adalah dengan membuka lapangan pekerjaan supaya menaikkan ekonomi masyarakat.

Caranya dengan mengembangkan UMKM supaya berinovasi membuat bahan mentah menjadi bahan jadi. apa yang kami lakukan bertujuan memberikan Inspirasi bagi masyarakat bahwa banyak hal yang bisa dikembangkan disekitar kita.

"Salah satunya pembuatan tahu dari bahan susu murni ini," ungkap Arsal kembali.

Bupati Lumajang H. Toriqul Haq mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Polres Lumajang dalam  inovasi yang dilakukan. Dia  berharap model seperti ini bisa dikembangkan dilumajang.

"Tahu susu ini sebuah produk unik, mungkin bisa diolah dengan cara berbeda seperti penambahan rempah-rempah tertentu supaya bisa ada ciri khusus dari lumajang," ungkap Cak Thoriq.

Dandim 0821 Lumajang Letkol Infanteri Ahmad Fauzi S.E “saya pernah tugas di sulawesi selatan, tapi baru kali ini saya makan tahu susu. rasanya enak, apalagi yang buatan Kapolres.

"Komposisinya pas antara susu dan getah pepaya sehingga ngga terasai pahit” ujar Fauzi.

Perlu diketahui bahwa lomba pembuatan Tahu susu oleh Polres Lumajang ini merupakan rangkaian kegiatan Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2019 yang di ikuti oleh Jajaran TNI, Polri, Pemda, Pengadilan Negeri, Kejaksaan, KPU, Bawaslu, dan Potensi masyarakat lainnya. (res/ls/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru