Kades Bahrul Rozi

Desa Wonorejo Terus Membangun Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat

lumajangsatu.com
Bahrul Rozi, Kepala Desa Wonorejo Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang

Lumajang (lumajangsatu.com) - Bahrul Rozi, Kepala Desa Wonorejo Kecamatan Kedungjajang akan segera mengakhiri masa jabatannya pada tahun 2019. Selama 6 tahun memimpin, 70 persen anggaran dana desa (ADD) dan dana desa (DD) difokuskan untuk pembangunan infrastruktur jalan dan infrastruktur lainnya.

"Alhamdulillah, 70 persen jalan penghubung antar dusun dan gang-gang telah dibangun dengan rabat beton," ujar Bahrul, Selasa (25/06/2019).

Baca juga: RSUD Pasirian Lumajang Resmi Miliki Logo Baru

Pada tahun 2019, Desa Wonorejo juga diberi bantuan ambulance dari Pemkab Lumajang. Pihak Desa juga akan menggandeng klinik Husada dalam peningkatan kualitas kesehatan warga Wonorejo. "Kita akan gandeng klinik Husada untuk peningkatan kualitas kesehatan warga Wonorejo," paparnya.

Jika diberi amanah lagi oleh warga Wonorejo untuk kedua kalinya menjadi Kepala Desa, maka 70 persen ADD dan DD akan difokuskan untuk pemberdayaan masyarakat, pengelolaan wisata, kesehatan, perekoniman dan 30 persen lagi akan menyelesaikan pembangunan infrastruktur.

Baca juga: TNI Aktif Dampingi Petani Pronojiwo Lumajang Jelang Musim Tanam

Saat ini, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Wiraraja sudah mulai berkembang dengan cukup baik yang bergerak pada sektor penjualan sembako. BUMDes Wirarja juga sudah bisa menyerap tenaga kerja dari warga, sehingga mengurangi tingkat penganggguran.

"Meski belum bisa menyerap banyak tenaga kerja, tapi BUMDes Wiraraja sudah bisa berjalan baik dan akan terus dikembangkan," tuturnya.

Baca juga: KPU Segera Tetapkan Paslon Bupati dan Wabup Pilkada Lumajang 2024

Untuk sektor pariwisata, Sedang Wiraraja akan dijadikan andalan dengan bekerjasama dengan Perhutani. Sebab, sebagian besar lahannya milik Perhutani, sehingga akan dilakukan MoU unutuk pengelolaannya.

"Sendang Wiraraja disamping akan dijadikan wisata juga menjadi sumber utama pertanian di Desa Wonorejo dan Desa lainnya," pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru