Tahun Baru Islam 1435 H, Wabup Lumajang Ajak Saling Menghargai Perbedaan

lumajangsatu.com

Baca juga: Tahun 2015, Saatnya Bersatu Jadi Terbaik Rek!

Lumajang(lumajangsatu.com)- Setiap Tanggal 1 Muharram diperingati sebagai tahun baru Islam, yang selalu diperingati oleh seluruh umat Islam seluruh penjuru dunia. Menurut Drs As'at Malik, Wakil Bupti Lumajang, awal penetapan tahun islam dimulai saat Nabi Muhammad Hijrah dari Kota Mekkah ke Kota Madinah. Sejak itulah, maka ditetapkan Muharram sebagai tahun islam yang disebuat dengan tahun Hijriah.

"Hijriah berasal dari kata Hijroh, yang artinya pindah, yakni pindah hal yang jelak ke hal yang baik, pindah dari hal yang baik ke hal yang lebih baik," Ujar Wabup kepada lumajangsatu.com, Senin (04/11/2013).

Dengan momentum tahun baru Hijriah, Wabup mengajak kepada seluruh warga Lumajang untuk bersama-sama hijrah dari hal yang tidak baik ke hal yang baik. Ia juga mengajak kepada warga Lumajang untuk bisa memahami setiap perbedaan.

"Islam adalah agama Rahmatan lil alamin, jadi mari kita sebagai umat Muhammad untuk bisa menghargai perbedaan yang ada disekitar kita," Terangnya.

Disinggung sejumlah kebiasaan orang Indonesia, yang memperingati 1 Muharram atau 1 Syuro dengan memandikan benda-benda keramat seperti keris, menurut wabup hal itu adalah budaya orang Indonesia. Yang harus diambil segi positifnya, bahawa dengan momentum tahun baru islam, umat muslim siap menghadapi tahun yang akan datang dengan lebih baik dan dengan semangat baru. "Itu adalah budaya yang dimiliki orang Indonesia ya," Pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru