Bangunan Bersejarah Indonesia

Api dari Tungku Jadi Penyebab Pabrik Teh Gucialit Lumajang Terbakar

lumajangsatu.com
Pabrik Teh Gucialit Terbakar.

Lumajang - Kebakaran Pabrik Teh PTPN XII Kertowono, di Dusun Sidorukun Desa Gucialit Kecamatan Gucialit Lumajang, Senin (23/12/2019) sekitar pukul 03.00 WIB. Kebakaran tersebut diduga dari tungku penggorengan bahan dasar teh menggunakan kayu bakar.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapgaan dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo mengatakan, dugaan sementara api di duga berasal dari tungku penggorengaan bahan dasar teh yang menggunakan bahan utama kayu bakar kemudian api didalam tungku menjalar ke bangunan dan pabrik utama teh.

Baca juga: HSN 2024 di Stadion Semeru, Santri dan Warga NU Lumajang Harus Kompak Merengkuh Masa Depan

BACA JUGA : Pabrik Teh PTPN XII Ketrowono Gucialit Lumajang Terbakar Hebat

Baca juga: Pemerintah Ajak Warga Lumajang Bisa Kelola Sampah Mandiri

"Bangunan utama pabrik Teh PTPN XII Kertowono terbakar api, mesin utama penggilingan teh terbakar
,Bahan dasar teh dan produksi teh yang sudah siap di ekspor terbakar," ujarnya saat dihubungi tim Lumajangsatu via telepon.

Saat ini api masih terus menjalar kepabrik ke dua disebelah utara pabrik utama. "PMK dan TRC BPBD Kabupaten Lumajang tiba dilokasi langsung melaksanakan pemadaman namun api masih belum dapat di padamkan," terang Wawan.

Baca juga: Paslon Thoriq-Fika dan Indah-Yudha Adu Gagasan di Debat Perdana KPU Lumajang

Adapun kerugian yang dialami berupa materiil diperkirakaan mencapai Rp 1M lebih. Bangunan utama pabrik Teh PTPN XII Kertowono habis total terbakar api, Mesin utama penggilingan teh terbakar, Bahan dasar teh dan produksi teh yang sudah siap di ekspor terbakar. Dampak dari kebakaran tersebut arus listrik PLN di wilayah Kecamatan Gucialit, Sebagian Sukodono dan Padang padam. (ind/ls/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru