BPBD Siapkan Penanganan dengan Desa Tangguh Bencan

Hasil Riset ITB : Lumajang Berpotensi Tsunami 20 Meter,

lumajangsatu.com
Ilustrasi Tsunami by Indeksnews

Lumajang - Tim riset Institut Teknologi Bandung (ITB) memprediksi potensi tsunami hingga setinggi 20 meter akan terjadi di wilayah selatan Pulau Jawa, tentunya Lumajang menjadi salah satu wilayah yang ada didalamnya. Menanggapi hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengatakan sudah menyiapkan langkah penanganan, Sabtu (26/09/2020).

Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi mengungkapkan jika semua pantai selatan berisiko tsunami, menangani hal itu, BPBD saat ini telah meningkatkan kewaspadaan dengan menjalin komunikasi relawan dan masyarakat pesisir.

Baca juga: RSUD Pasirian Lumajang Resmi Miliki Logo Baru

"Jadi gini kalau pantai selatan semua berisiko mulai Banyuwangi-Pangandaran, kami memastikan sudah membentuk desa tangguh bencana, jadi jika ada ombak besar langkah penanganannya kami sudah siap," Jelas Wawan saat dihubungi lumajangsatu.com.

Baca juga: TNI Aktif Dampingi Petani Pronojiwo Lumajang Jelang Musim Tanam

Kabupaten Lumajang memiliki panjang pantai sepanjang 70 KM. Semua pantai berada di sisi selatan. Seluruh kawasan pantai telah dipasangi rambu penanda arah jalur evakusi.

Baca juga: KPU Segera Tetapkan Paslon Bupati dan Wabup Pilkada Lumajang 2024

"Kami berencana menggelar simulasi bencana tsunami bagi warga pesisir, Antisipasi semua kita lakukan sehingga andai kata terjadi kita bisa meminimalisir korban,"pungkasnya. (Oky/ls/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru