Kunjungan Wagub Bali

Bupati Lumajang Ijinkan Piodalan di Pura Senduro

lumajangsatu.com
Wagub Bali Tjok Ace bersama Bupati dan Wabup Lumajang

Lumajang - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menerima kunjungan dari Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana (Cok Ace), di Pendopo Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang, Selasa (25/5/2021) sore.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Bali menyampaikan, kunjungannya kali ini dalam rangka silaturrahmi sekaligus ijin kepada Bupati Lumajang terkait akan adanya upacara Piodalan tepatnya tanggal 24 Juni 2021 di Pura Mandara Giri Semeru Agung. Upacara Piodalan itu sendiri merupakan upacara tahunan yang diselenggarakan oleh umat Hindu.

Baca juga: Wow, Polisi Temukan Lagi 1.500 Tanaman Ganja di TNBTS Lumajang

"Saya berterimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Lumajang yang telah menerima dengan baik kedatangan dari kami," ujar Cok Ace.

Ditambahkan, bahwasannya tahun lalu upacara Piodalan ditiadakan karena wabah Covid-19. Untuk itu, tahun ini upacara akan tetap dijalankan oleh umat Hindu sesuai dengan protokol kesehatan.

Baca juga: Polisi Juga Temukan 10 Kilogram Ganja Kering di Kawasan TNBTS Lumajang

"Upacara Piodalan tahun ini masih sama dengan upacara Piodalan sebelumnya, namun masyarakat Bali yang datang ke Kabupaten Lumajang akan dibatasi karena kita harus tetap memperhatikan protokol kesehatan," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Lumajang menjelaskan, umat Hindu yang datang dari Bali untuk mengikuti upacara Piodalan sekitar 60 orang setiap hari, tentu itu jauh dari kapasitas Pura yang hampir lima ribu orang. Namun, upacara Piodalan akan tetap dilakukan dengan kegiatan-kegiatan yang lebih terbatas dan umat Hindu yang mengikuti upacara juga akan diperhatikan kesehatannya dengan harus membawa bukti swab, sehingga kegiatan upacara akan betul-betul sesuai dengan protokol kesehatan.

Baca juga: 38 Ribu Batang Ganja Diamankan dari 48 Titik di Kawasan TNBTS Lumajang

"Nanti akan dibantu pengamanan dari kepolisian dan pemerintah daerah terkait dengan mekanisme untuk supaya pelaksanaan betul-betul khidmat dengan tetap perhatikan protokol kesehatan," pungkasnya. (Komin/ls/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru