Bakti Pemuda Setetes Darah

Kolaborasi Karta dan Bold Riders Lumajang Ajak Tetangga Donor Darah

lumajangsatu.com
Kolaborasi karang taruna Heppiii Community dan anak motor Bold Riders Lumajang menggelar acara donor darah

Lumajang- Kolaborasi anggota karang taruna yang tergabung dalam Heppiii Community dan anak motor Bold Riders Lumajang menggelar acara donor darah bertema Bakti Pemuda Setetes darah untuk negeri 2021. Anggota karta dan Bold Riders masing-masing mengajak tetangga dan saudara untuk ikut donor darah.

Koordinator acara donor darah Miftachul Arif mengatakan antuasiame warga sangat tinggi saat tahu ada kegiatan donor darah. Warga desa secara sukarela ikut dalam kegiatan bersama sanak keluarga dan tetangga.

Baca juga: Kebakaran Hutan di Gunung Pucang Ranggah Lumajang Diduga Angin Kencang

"Kegiatan ini sudah kami laksanakan beberapa kali di bulan Oktober 2021 kemarin. Total ada 128 pendaftar, untuk warga yang bisa diambil darahnya ada 96 peserta, sisanya 32 tidak bisa diambil darahnya karena tidak memenuhi syarat untuk donor, seperti faktor kesehatan," kata Miftachul Arif yang biasa disapa Itong ini pada Selasa (9/11).

Dari jumlah peserta ini hanya sebagian kecil saja yang sudah pernah mengikuti kegiatan donor, sebagian besar lainnya baru pertamakali. Namun hal itu kata Itong tidak menyurutkan niat baik warga desa untuk menyumbangkan darah untuk kemanusiaan.

Total ada enam komunitas berbeda yang berkolaborasi, yakni dari anak motor Bold Riders seperti Ride-X, YR15 CI Lumajang dan Helmet Lovers Lumajang. Kemudian dari Karta Heppiii Community ada dari Karta Karangsari, Karta Tukum dan Karta Lempeni.

Lokasi donor darah ini dibagi di sejumlah titik agar tidak menimbulkan kerumunan. Untuk Bold Riders Lumajang donor pada tanggal 16 Oktober 2021 di PMI Kabupaten Lumajang, kemudian Karta Karangsari tanggal 18 Oktober 2021 di Balai Desa Karangsari, Karta Tukum tanggal 21 Oktober 2021 di Sekretariat Karta Tukum, lalu Karta Lempeni tanggal 22 Oktober 2021 di balai Desa Lempeni.

Baca juga: Hujan Turun, Laskar Hijau Mulai Tanam Bambu di Lereng Gunung Lemongan Lumajang

Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) terus mengambil inisiatif menggelar berbagai kegiatan yang berdampak positif kepada masyarakat. Di bulan Oktober 2021 kemarin, yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda, Kolaborasi KITA menggerakkan 715 komunitas di 91 kota/kabupaten di wilayah Indonesia Timur untuk terlibat dalam kegiatan donor darah.

Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di berbagai kota/Kabupaten, Kolaborasi KITA menyelenggarakan kegiatan Bakti Pemuda, #Setetes Darah Untuk Negeri 2021. Kegiatan yang melibatkan berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community ini sekaligus membuktikan komitmen dan konsistensi Kolaborasi KITA dalam mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama diantara beragam komunitas di Indonesia Timur.

Kegiatan Donor Darah #Setetes Darah Untuk Negeri 2021 ini akhirnya memecahkan rekor dari Musium Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ada dua kategori rekor MURI yaitu Donor Darah di Kabupaten/Kota Terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak.

Baca juga: Masjid Pilar Peradaban Islam

Dua rekor ini sudah diserahkan pada Sabtu (6/11) siang oleh MURI kepada perwakilan Kolaborasi KITA.

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru