Jadi Langganan Setiap Hujan

Penyebab Banjir Biting Lumajang, Sungai Menjangan Dinormalisasi

lumajangsatu.com
Lokasi perkawinan sungai Menjangan dan Bondoyudo di normalisasi

Sukodono - Dusun Biting Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono menjadi lokasi langganan banjir setiap musim penghujan. Sekitar 300 kepala keluarga (KK) selalu wasawas jika hujan turun deras, karena rumah warga akan tergenang banjir.

Keresahan warga mulai dapat respon dari Pemerintah Provinsi Jatim. Melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Pengelolaan Sumberdaya Air (PU-PSDA) Jatim mulai melakukan normalisasi sungai Menjangan. Normalisasi dimulai di muara yang menghubungkan sungai Menjangan dan sungai Bondoyudo.

Baca juga: RAKI Yakin Cak Thoriq-Ning Fika Bisa Bawa Lumajang Lebih Maju dan Makmur

Satu alat berat mulai bekerja untuk melakukan pengerukan dan juga pelebaran sungai Menjangan. "Alhamdulillah, mulai hari ini ada satu alat berat yang diturunkan Dinas PU-PSDA Jatim untuk melakukan normalisasi," ujar Deddy Firmansyah anggota DPRD Lumajang yang juga warga Kutorenon, Kamis (21/04/2022).

Baca juga: TNI Dampingi Petani Darungan Lumajang Lakukan Pengeboran Sumber Air

Normalisasi informasi dari petugas sepanjang sungai sekitar 2 km. Harapannya, saat hujan turun sungai bisa mampu menampung debit air dan tidak lagi menimbulkan banjir yang menggenangi rumah-rumah warga.

Baca juga: Indah Wahyuni Ajak Pengusaha Hotel dan Resto Dukung Produk UMKM Lokal Lumajang

Dari pantauan, sungai menjangan memang mengalami pendangkalan dan penyempitan. Pelebaran sungai sangat penting agar ancaman banjir bagi warga bisa berkurang.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru