Hikmah Kehidupan

Ramadan bulan kuliner?

lumajangsatu.com
KH. DR. Abdul Wadud Nafis, Pengasuh Ponpes Manarul Qur'an Kutorenon-Lumajang

Lumajang - Puasa Ramadan diwajibkan kepada orang-orang yang beriman, agar orang-orang beriman merasakan penderitaan haus dan lapar yang mana dengan pengalaman rasa lapar ini akan terdorong untuk bersyukur kepada Allah subhanahu wa ta'ala atas nikmat kecukupan pangan dan terdorong mencintai orang-orang yang fakir dan miskin, rasa cinta ini diekspresikan dengan membantu fakir miskin untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, terutama di hari lebaran.

Di dunia islam terlihat suasana umat Islam melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan, mulai dari anak-anak sampai dewasa dalam rangka melaksanakan perintah Allah melaksanakan ibadah puasa. Tujuan mereka melaksanakan ibadah puasa beraneka ragam, ada yang betul-betul untuk mendapatkan kedudukan yang tertinggi di sisi Allah, yaitu kedudukan orang yang iman dan orang bertakwa kepada Allah subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: RSUD Pasirian Lumajang Resmi Miliki Logo Baru

Tapi ada yang orang yang sekedar melaksanakan kewajiban ibadah puasa bahkan, bahkan ada orang yang berpuasa sekedar mengikuti trend orang-orang yang ada di sekitarnya. Orang-orang di sekitarnya berpuasa maka ikut berpuasa, tidak ada dalam hatinya untuk betul-betul mentaati perintah Allah dan mengikuti sunnah nabi Muhammad SAW.

Orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadan banyak yang tidak menghayati esensi daripada puasa Ramadan, yaitu merasakan pahitnya kelaparan dan nikmatnya kecukupan pangan, maka banyak orang-orang yang berpuasa Ramadan sekedar mengganti waktu makan, yaitu dari makan waktu siang diganti dengan makan di malam hari. Yang lebih menarik mereka yang berkecukupan membuat bermacam-macam menu makanan dan minuman untuk dimakan waktu berbuka puasa dan sahur, maka tidak heran banyak menu-menu yang dimasak oleh umat Islam di bulan Ramadan yang tidak dimasak di bulan-bulan yang lain, mulai dari macam-macam menu minuman sampai macam-macam menu makanan.

Baca juga: TNI Aktif Dampingi Petani Pronojiwo Lumajang Jelang Musim Tanam

Pemandangannya bisa dilihat di di warung, restoran, supermarket, dan toko-toko makanan, bahkan di pinggir jalan banyak orang yang menjual menu-menu makanan yang beraneka ragam, yang disediakan untuk orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadan. Pemandangan semacam ini seakan-akan tbulan Ramadan itu adalah bulan kuliner dan wisata kuliner.

Tradisi memanjakan selera makan dan minum membuat esensi dan tujuan puasa berubah dari meresapi penderitaan laparnya orang-orang miskin dan melahirkan kepekaan sosial berubah menjadi menikmati hidangan yang beraneka ragam, di mana waktu makannya diganti dari siang hari menjadi malam hari.

Baca juga: KPU Segera Tetapkan Paslon Bupati dan Wabup Pilkada Lumajang 2024

Maka tidak heran puasa yang dilakukan kelompok ini tidak mempengaruhi terhadap perilaku yang berpuasa, puasa yang dilakukannya tidak mengantarkan orang-orang yang berpuasa menjadi orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah. Dengan udah yang di atas timbul pertanyaan, Apakah bulan Ramadan sebagai momen mencetak orang muslim menjadi beriman dan bertakwa atau sekedar bulan kuliner?. Wallahualam a'lam bish shawab.(Red)

Penulis : KH. DR. Abdul Wadud Nafis, Pengasuh Ponpes Manarul Qur'an Kutorenon-Lumajang

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru