Warga Anggap Masih Aman

Gunung Semeru Lumajang Sabtu Siang Semburkan Awan Panas Guguran

lumajangsatu.com
Asap putih terlihat menyembur dari puncak gunung Semeru Kabupaten Lumajang

Candipuro - Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang pada tanggal 13 Mei 2023 menyemburkan awan panas guguran (APG) atau yang dikenal dengan erupsi. Luncuran APG terjadi pada pukul 10:12 WIB, Amax 15 mm, lama gempa 157 detik dengan jarak luncur 1500 meter dari puncak.

Video guguran awan panas tersebut langsung menyebar luas lewat grup-grup WA dan media sosial. Tak berselang lama, sekitar pukul 12.00 WIB kembali terjadi APG dan diperkirakan APG kedua lebih besar dari APG yang terjadi pada pukul 10.12 WIB.

Baca juga: Kebakaran Hutan di Gunung Pucang Ranggah Lumajang Diduga Angin Kencang

Safi’i, mantan Kepala Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro menyatakan bahwa guguran awan panas dari Semeru sudah biasa bagi warga sekitar. Jika Semeru menyemburkan awan panas, maka hal itu dianggap normal karena Semeru tak tersumbat. Warga lebih khawatir, jika Semeru lama tak menyemburkan awan panas.

Baca juga: Hujan Turun, Laskar Hijau Mulai Tanam Bambu di Lereng Gunung Lemongan Lumajang

“Kami mewakili Pemerintah Desa Sumbermujur menyatakan aman dan yang lainnya tak perlu panik dengan APG Semeru,” jelas Safi’i lewat video yang dibagikannya di grup-grup WA, Sabtu (13/05/2023).

Baca juga: Masjid Pilar Peradaban Islam

Meski sudah terbiasa dengan aktivitas Semeru yang selalu menyemburkan awan panas guguran, namun warga yang beraktivitas di sepanjang aliran lahar untuk selalu waspada. Terlebih lagi jika turun hujan deras, maka warga yang beraktivitas di sepanjang aliran lahar untuk menjauh dan mencari jarak aman, sebagai antisipasi terjadinya banjir lahar dingin datang secara tiba-tiba.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru