Bekerja Sama dengan Sekolah

Paguyuban Sabdo Adji Lumajang Komitmen Lestarikan Budaya Jawa

lumajangsatu.com
Team Karawitan Widyatama SDN Ditotrunan 01 dibawah binaan Sabdo Adji Lumajang

Lumajang - Paguyuban Sasana Budaya Jawi (Sabdo Adji) Kabupaten Lumajang terus berkomitmen melestarikan budaya-budaya nusantara terutama budaya jawa. Salah satunya dengan menyediakan alat dan pelatih dan memberikan pelatihan kepada siswa-siswi di Lumajang.

Sarwo Darmono, Ketua Paguyuban Sabdo Adji Lumajang menyatakan, ada beberapa sekolah yang dibina Sabdo Adji.  Ada SDN Jogotrunan, SMP N 02 Lumajang, dan SMP Al-Ikhlas yang berlatih di Sabdo Adji. Setelah itu, sekolah masing-masing membeli peralatan dan akhirnya latihan di sekolahnya masing-masing.

Baca juga: Kebakaran Hutan di Gunung Pucang Ranggah Lumajang Diduga Angin Kencang

Saat ini, masih ada SDN Ditotrunan 01 Lumajang yang siswa-siswinya latihan di sanggar Sabdo Adji. “Alhamdulillah, kita siapkan peralatannya dan siapkan pelatihanya. Kita berkomitmen lestarikan budaya Jawa seperti Karawitan,” jelas Sarwo kepada Lumajangsatu.com, Rabu (23/05/2023).

Baca juga: Hujan Turun, Laskar Hijau Mulai Tanam Bambu di Lereng Gunung Lemongan Lumajang

Sarwo menjelaskan, saat acara Gebyar Pol Polan  oleh Dinas Pendidikan Lumajang Tgl 23 s/d 25 Mei 2023 di KWT SDN Ditotrunan 01 Lumajang menampilkan Team Karawitan Widyatama dibawah binaan Sabdo Adji. SDN Ditotrunan 01 Lumajang ikut juga mengenalkan seni budaya bangsa sedini mungkin terhadap anak didiknya. Dengan harapan anak anak akan mencintai  budayanya sendiri, budaya warisan para leluhur yang sangat adi luhung. 

Baca juga: Masjid Pilar Peradaban Islam

“Kita berharap anak anak kedepanya ikut mengembangkan dan melestarikan budaya bangsa ,” pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru