Menang Lomba Tingkat Polda Jatim

Polisi Cilik Lumajang Akan Tampil di HUT RI ke-78

lumajangsatu.com
Bupati Thoriqul Haq bersama Wakil Indah Amperawati menyerahkan piagam penghargaan kepada Polisi Cilik Lumajang

Lumajang - Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati menyerahkan piagam penghargaan kepada Polisi Cilik Lumajang, di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, pada Jumat (28/7/2023).

Apresiasi tersebut diberikan karena Polisi Cilik Lumajang telah berhasil mengukir prestasi pada lomba Polisi Cilik tingkat Polda Jatim dalam rangka HUT Bhayangkara ke - 77 diikuti 39 tim dari Polres jajaran di seluruh Jawa Timur.

Baca juga: Polisi Juga Temukan 10 Kilogram Ganja Kering di Kawasan TNBTS Lumajang

Pada kesempatan tersebut, Bupati Lumajang menyampaikan, bahwa menjadi anggota Polisi Cilik dapat melatih sikap kedisiplinan dan kemandirian yang nantinya bisa merubah pola hidup anak.

Menurutnya, Polisi Cilik menjadi titik awal masyarakat melihat langsung. Pocil yang tidak sekedar berlatih tentang baris berbaris tetapi juga berlatih tentang sikap kedisiplinan, kemandirian, dan itu betul-betul berubah pola hidup anak.

"Mungkin bapak ibu wali murid terasa perbedaanya, bagaimana anak lebih mandiri, bagaimana anak punya sikap yang lebih bertanggung jawab terhadap dirinya, bagaimana anak lebih disiplin, bagaimana anak lebih bersikap yang menjaga ucapan, menjaga cara bersosialisasi dengan anak-anak yang lain, dan itu semua mungkin tidak mudah," ujarnya.

Bupati Lumajang juga meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan, agar menjadikan Polisi Cilik agenda yang dimasukan kedalam ekstrakulikuler di setiap Sekolah Dasar di Lumajang.

Baca juga: PPID Lumajang Terima Tim Monev Komisi Informasi Jawa Timur

"Karena itu saya minta pak kepala Dinas Pendidikan untuk ini menjadi agenda, yang setiap tahun bekerja sama Dinas Pendidikan dengan Polres Lumajang, jadi harus punya kalender kegiatan, jadi bisa misalnya dimasukan dalam kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah masing-masing," kata dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang berpesan kepada para Polisi Cilik untuk terus belajar dan berlatih, karena nantinya dalam peringatan HUT RI tepat tanggal 17 Agustus 2023 akan ditampilkan di Alun-Alun Lumajang.

"Nanti tampil di acara HUT RI tanggal 17 Agustus, tetap Belajar yang rajin, sekarang jadi Polisi Cilik nanti jadi Polisi dan Tentara dewasa," terangnya.

Baca juga: Diskominfo Lumajang Belajar Implementasi Satu Data Indonesia ke Malang

Adapun 30 anggota Pocil Lumajang berprestasi tersebut, terdiri dari enam sekolah dasar, diantaranya SDN Ditotrunan 1 Lumajang, SDN Tompokersan 3 Lumajang, SDN Citrodiwangsan 1, SDN Citrodiwangsan 2, SD Islam Tompokersan, dan SD Al Ikhlas.

Dalam lomba Polisi Cilik yang diselenggarakan di Polda Jatim, ada beberapa hal yang masuk penilaian, diantaranya Peraturan Baris Berbaris (PBB), gerakan 12 pengaturan lalu lintas, dan menambah kearifan lokal Lumajang, yakni mengangkat kesenian Tari Topeng Kaliwungu.(Kom/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru