Daerah Subur di Kaki Gunung Semeru

Gebyar Tembakau dan Kopi Optimalkan Potensi Perkebunan Lumajang

lumajangsatu.com
Gebyar Tembakau dan Kopi Lumajang

Lumajang - Gebyar Tembakau dan Kopi menjadi upaya yang dilakukan untuk mengembangkan potensi hasil perkebunan di Kabupaten Lumajang. Kegiatan tersebut juga ingin meningkatkan nilai tambah melalui pola kemitraan.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Lumajang, Hari Susiati dalam Gebyar Tembakau dan Kopi Lumajang Tahun 2023, di Desa Kaliwungu Kecamatan Tempeh, Selasa (08/08/2023).

Baca juga: Polisi Juga Temukan 10 Kilogram Ganja Kering di Kawasan TNBTS Lumajang

Menurut Susiati, Gebyar tersebut merupakan bentuk sinergitas antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang dengan petani di Kabupaten Lumajang, yang pelaksanaannya termasuk dalam kalender event Kabupaten Lumajang Tahun 2023.

Adapun beberapa rangkaian kegiatan dalam gebyar tersebut diantaranya, pelatihan dan temu lapang merupakan upaya untuk meningkatkan produksi dan mengenalkan inovasi teknologi untuk mencapai pertanian maju dan petani sejahtera.

Baca juga: PPID Lumajang Terima Tim Monev Komisi Informasi Jawa Timur

“Komoditas tembakau sebagai salah satu komoditas penghasil cukai di Indonesia yang memiliki peran penting dalam perolehan devisa negara,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Lumajang, Susiati mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian melalui Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur yang sudah banyak membantu petani tembakau di Kabupaten Lumajang, selain itu, pengusaha tembakau (Pt. Alliance One Indonesia (Aoi) dan PT. Indonesia Dwi Sembilan (Ids) yang selama ini sudah menjalin kemitraan dengan petani tembakau yang Ada di Kabupaten Lumajang.

Baca juga: Diskominfo Lumajang Belajar Implementasi Satu Data Indonesia ke Malang

"Saya juga berterima kasih kepada masyarakat Lumajang khususnya petani tembakau yang sudah berupaya menanam tembakau, karena tanpa mereka semua Kabupaten Lumajang tidak akan terbantukan lewat Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang tiap tahun menyumbangkan untuk pembangunan Kabupaten Lumajang," ungkapnya.(Kom/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru